Unik, Ini Cara Muslimin Inggris Mengampanyekan Ramadhan

Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Aboutislam.net )

Muslimahdaily - Muslimin Inggris nampak antusias menyambut bulan suci Ramadhan yang akan datang dalam hitungan hari. Mereka membuat sebuah kampanye Ramadhan yang disebarluaskan di seluruh Kota London melalui bus merah Inggris yang sangat terkenal itu.

Didalangi sebuah lembaga amal Islamic Relief, muslimin di Kota London, Inggris membuat sebuah pesan menarik untuk dipajang di bus-bus merah bertingkat. Pesan tersebut berbunyi, “For the Love of Allah, Save a life now”. Penyebaran pesan tersebut merupakan bagian dari kampanye pra-Ramadhan 2018.

Pihak Islamic Relief menuturkan, kampanye tersebut dapat dilihat di sisi 75 bus merah tingkat yang mengelilingi Kota London. Pesan kebaikan itu pun akan dipajang selama dua pekan atau hingga Ahad (6/5/2018). Bahkan tak hanya dipajang di bus ikon Kota London, kampanye Ramadhan juga dipajang di sisi 100 bus di Kota Manchester dan 82 kereta bawah tanah di Glasgow.

Dilansir laman aboutislam, kampanye Ramadhan ditujukan untuk mendorong umat Islam agar semangat beramal di bulan suci, terutama amal sedekah untuk mereka yang tak mampu finansial. Islamic Relief mengajak muslimin untuk memikirkan orang-orang yang kurang beruntung di Bulan Ramadhan, mencintai mereka dan membantu mereka karena cinta kepada Allah, “For the Love of Allah”.

Mengampanyekan tentang Islam dan Ramadhan di ruang publik Inggris pun bukan tanpa alasan. Selain mendorong umat Islam untuk bersemangat di Bulan Ramadhan, kampanye tersebut juga menargetkan masyarakat non muslim. Bahwasanya bantuan kemanusiaan tak hanya dapat dilakukan muslimin, namun juga masyarakat on muslim.

Ramadhan Waktu yang Tepat untuk Beramal

Kepala Komunikasi Islamic Relief, Judith Escribano memaparkan pemikirannya di balik kampanye Ramadhan. Menurutnya, bulan suci merupakan waktu yang luar biasa untuk bersedekah. “Ramadhan adalah masa disiplin diri dan pengorbanan diri, sebuah periode untuk muslimin becermin dan menunjukkan kasih sayang kepada mereka yang tak seberuntung kita,” ujarnya dikutip dari aboutislam.net.

Mengapa memilih bus, Judith menjelaskan bahwa cara tersebut sangat hemat biaya namun dapat menjangkau populasi muslim Inggris yang jumlahnya cukup besar. Pihaknya pula memilih menyampaikan pesan kebaikan untuk menyambut bulan suci alih-alih menggalang dana.

“Pesan iklan kami hanyalah pengingat sederhana untuk memberikan kemuliaan atas nama Allah, baik untuk kesempatan berbuat baik kepada sesama di bulan yang diberkahi, maupun untuk kemurahan hati mereka para donatur yang memungkinkan Islamic Relief membantu lebih dari 117 juta orang di 40 negara sejak 34 tahun kami berdiri,” kata Judith.

Di seluruh dunia, lanjut Judith, jutaan pria, wanita, dan anak-anak menghadapi kesulitan untuk bertahan hidup. Mereka kelaparan, menghadapi bencana, ataupun dihadapkan pada konflik. Islamic Relief menargetkan bantuan kepada mereka yang termiskin dan paling terpinggirkan di dunia.

Islamic Relief, atau Islamic Relief Worlwide (IRW) merupakan organisasi kemanusiaan internasional yang didirikan tahun 1984 oleh muslimin Inggris. Berbasis di Kota Birmingham, IRW memiliki banyak proyek di 30 negara. Kegiatan amal mereka yang utama yakni mengumpulkan dana serta menyediakan daging kaleng untuk disebar ke negara penerima bantuan.

Adapun populasi muslim di Inggris tercatat mencapai 2,78 juta orang di tahun 2011. Angka tersebut meningkat sebanyak 1,55 juta orang dibanding tahun 2001 lalu. Bahkan jika dihitung di seluruh wilayah Britania, populasi muslim mencapai 3,04 juta jiwa atau sebanyak 5,4 persen dari total populasi.

Dikabarkan Republika, Islam merupakan agama resmi yang pertumbuhannya paling cepat di Inggris. Peningkatannya mencapai 10 kali lebih cepat dibanding populasi agama lain. Tahun 2011 bahkan diperkirakan ada 100 ribu mualaf yang ada di negara Ratu Elisabeth II tersebut. Dengannya, Islam pun menjadi agama terbesar kedua di Inggris.

Leave a Comment