7 Rangkaian Acara Seru di Reuni 212

By December 2, 2018 0
Reuni Aksi Damai 212 Reuni Aksi Damai 212 ( Foto : Siti Maesaroh / Muslimahdaily )

Muslimahdaily - Sejak dini hari tadi, yakni pukul 02.30 WIB, alumni 212 sudah memadati Masjid Istiqlal dan shalat tahajud berjama’ah. Acara tersebut merupakan pembuka rangkaian aksi reuni 212 yang akan berlangsung Ahad (2/12/2018) hingga dzuhur nanti. Berikut 7 Rangkaian acara reuni 212 yang berpusat di lapangan Monas, Jakarta Pusat.

1. Tahajud Bersama

Masjid Istiqlal telah dipadati jama’ah sejak Sabtu (1/12/2018) malam. Mereka mendirikan shalat tahajud berjamaah yang diimami Buya Ahmad Qurthubi. Delapan rakaat shalat malam dilakukan dengan khusyuk dan khidmat. Setelah itu, doa bersama pun dihelat dengan panduan dari Abad Raudh Bahar.

Sementara shalat ditunaikan, massa terus berdatangan ke area Monas dan masjid Istiqlal. Pintu masuk Monas dipenuhi manusia hingga terjadi antre panjang. Kemacetan pun terjadi di jalan menuju parkir yang disediakan.

2. Shalat Shubuh Berjama’ah

Massa makin ramai menggeruduk masjid negara. Jumlah jamaah makin bertambah ketika shalat shubuh ditegakkan. Shalat Shubuh juga dilakukan di lapangan Monas. Warna putih, sebagai seragam aksi 212, mendominasi pusat ibu kota.

Para alumni 212 menggunakan alas tikar dan membentuk shaf dengan rapi. Mereka berwudhu dengan air kemasan yang disediakan panitia di beberapa posko. Pria dan wanita membentuk shaf sendiri meski tanpa pembatas.

Menurut agenda acara, Shalat shubuh diimami Nashier Zein lalu dilanjutkan dzikir yang dipandu Habib Muhammad Al Athas dan Habib Muhsin bin Zait Al Athas.

3. Maulid Nabi

Pukul 05.30 WIB, alumni reuni mengikuti acara maulid nabi yang dipandu Habib Muhammad bin Idrus Al Hadad. Sekitar setengah jam acara ini berlangsung sebagai rangkaian doa selepas shubuh. Di penghujung acara, diputar sebuah film karya Front TV dan video kompilasi dukungan 212 dengan masing-masing berdurasi singkat.

4. Sarapan Pagi dan Massa yang Terus Berdatangan

Selepas shubuh, peserta ataupun alumni 212 menyempatkan sarapan pagi. Sejumlah pedagang makanan di sekitaran Monas pun kebagian rezeki. Dari pedagang nasi goreng, ketoprak, dan aneka panganan lain. Jumlah pedagang kaki lima cukup banyak dan turut serta meramaikan aksi reuni.

Sementara itu, para alumni dari berbagai daerah terus berdatangan menuju Monas. Sembari meneriakkan takbir, shalawat, dan mengibarkan bendera tauhid, mereka datang berduyun-duyun dari berbagai arah. Ada yang berjalan kaki, mengendarai motor, juga mobil. Jalan Menteng Raya telah dipadati manusia, jalanan sekitar gambir mengalami kemacetan, mobil menempati parkir di sepanjang Jalan Medan Merdeka Timur.

Aparat pun bertugas dengan menjaga keamanan dan ketertiban. Tersedia ambulans dan tim medis yang siap siaga.

5. Seremonial

Hingga berita ini ditulis, acara seremonial belum dimulai. Berdasarkan jadwal agenda panitia, seremonial baru dilakukan pukul 07.00 WIB nanti. Seremonial reuni 212 diisi tiga orang perwakilan dari Front Pembela Islam (FPI), Alumni 212 (PA 212) dan Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF). Pengibaran bendera tauhid juga mewarnai seremonial acara.

Selepas itu, sejumlah tokoh yang hadir akan memberi sambutan. Termasuk yang akan hadir ialah Gubernur Jakarta, Anies Baswedan dan Calon Presiden RI, Prabowo Subianto.

6. Millennials Award

Inilah acara spesial dan unik yang akan menjadi agenda Reuni 212 jelang siang nanti. Sekitar pukul 10.00 WIB, Millennials Award akan dibuka dengan menampilkan dua hafidz Al Qur’an. Adapun penghargaan akan diberikan kepada 12 orang dari gen millenials.

7. Peduli Disabilitas

Sebelum Reuni 212 ditutup saat dzuhur, acara sosial akan dihelat dengan tema Peduli Kaum Disabilitas. Acara ini akan diselenggarakan sebelum pembacaan doa penutup oleh Habib Umar menjelang waktu dzuhur nanti. Panitia merencanakan seluruh acara akan selesai pada pukul 12.00 siang.

Sebagaimana diketahui, Reuni 212 merupakan aksi memperingati 2 Desember 2016 lalu ketika negeri ini digerahkan isu penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahja Purnama atau Ahok. Tahun 2017 lalu, aksi reuni yang sama juga digelar. Tahun ini, 15 ribu orang diprediksi akan memadati Monas. Sejumlah toko agama dan pejabat juga dikabarkan akan hadir dalam Reuni 212 tahun 2018 ini.

Last modified on Monday, 03 December 2018 11:08

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama