Sambut Tokyo Olympics 2020, Jepang Hadirkan Beragam Jenis Makanan Halal

By December 4, 2018 0
Ilustrasi Ilustrasi ( Foto : Japantimes.co.jp )

Muslimahdaily - Gempita pesta perhelatan akbar olahraga seluruh dunia akan digelar di ibukota Jepang, Tokyo pada Olimpiade 2020 mendatang. Meski masih selang beberapa tahun lagi, segala persiapan yang mumpuni sudah berangsur-angsur dilengkapi oleh panitia dan pemerintah Jepang.

Salah satu yang tidak kalah penting adalah dari sisi makanan. Mengingat pesta olahraga terbesar di planet ini dihadiri oleh ribuan peserta dari berbagai kalangan, termasuk atlet dari negara Muslim, maka para chef mulai mengatur strategi menyediakan makanan halal.

Menurut Tomohiro Sakuma, wakil direktur Asosiasi Bisnis Halal Jepang, yaitu sebuah perusahaan yang mengembangkan dan mengekspor produk halal, menyebutkan bahwa jaringan perhotelan omotenashi telah bersiap menyediakan berbagai pilihan menu halal, seperti yang dikutip dari laman The Japan News.

Bagi Tomohiro Sakuma, ajang Olimpiade Tokyo 2020 tidak sekadar milik pemerintah Jepang, tetapi akan meliputi seluruh aspek dan berbagai lapisan masyarakat. Tidak terkecuali, warga Muslim yang akan berkunjung ke Jepang.

Olimpiade akan berdampak besar bagi warga di seluruh dunia untuk memahami dan mengenal apa saja keberagaman masakan halal yang sangat luas. Para chef, koki dan juru masak di Jepang saat ini mulai mempersiapkan diri dan berlatih untuk memamerkan kemampuan mereka yang sebanarnya. Karena masakan khusus atlet Muslim, tidak hanya bernutrisi tinggi. Tetapi, juga harus memperhatikan faktor halal dan bahan – bahan pendukung yang harus dipersiapkan dengan keterampilan tinggi.

Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo

Bila tidak ada halangan apa pun, Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar saat musim panas antara 24 Juli hingga 9 Agustus. Tercatat lebih dari sekitar 50 negara Muslim yang berpartisipasi dalam acara olahraga yang digelar 4 tahun sekali itu.
Jumlah atlet, pelatih, pendukung dan rombongan dari negara Muslim bisa mencapai ribuan orang. Tentunya, untuk memberikan kenyamanan pada para tamu negara asing, Jepang harus mempersiapkan dengan detail.

Di beberapa prefektur, Jepang sudah terlihat menyediakan mobil masjid sebagai sampel atau percontohan. Sedangkan, untuk penyediaan menu makanan halal bagi atlet dan pengunjung, pemerintah Jepang berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan katering halal dan pengekspor bahan makanan halal.

Sementara itu, juru masak atau chef senior di penginapan daerah Atami, Prefektur Shizuoka yang bernama Chef Kazuyoshi Aoki mengatakan bahwa dirinya dan teman – temannya terus belajar untuk mengembangkan resep masakan halal.

Menurutnya, hidangan halal memiliki rempah – rempah yang kaya, aroma dan rasa yang kuat serta membutuhkan keterampilan memasak yang tinggi. Ia berdoa semoga atlet dan pengunjung akan menyukai cita rasa masakan halal buatannya, yaitu ikan yang dibumbui saus kedelai.

Tak hanya para chef, pengelola restoran Jepang di Osaka, Daisuke Murota turut dalam kesibukan mempersiapkan Olimpiade Tokyo 2020. Ia membuat seminar untuk para koki agar tahu bagaimana cara menyiapkan masakan halal.

Sekadar informasi, makanan halal saat ini telah dikonsumsi oleh sekitar 1,5 milyar Muslim di seluruh dunia. Dan ada sekitar 500 juta masyarakat non-Muslim yang membelinya untuk menu makanan sehari – hari. Dari bisnis ini, pengusaha makanan halal dapat meraup keuntungan senilai 2 Milyar dollar.

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama