Mimpi Bocah Aleppo Membangun Kembali Suriah

By January 9, 2017
Ilustrasi Ilustrasi (Foto : Mvslim.com)

Muslimahdaily - Melihat tempat tinggalnya kini telah hancur lebur, Mohammed Qutaish membuat model kota Aleppo dengan sangat cantik nan futuristik. Remaja 14 tahun yang masih berstatus sebagai pengungsi ini memang berminat pada hal menggambar.

Berkat sang orangtua yang turut mendukungnya, Mohammed gigih mengerjakan model buatannya itu dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Rancangannya tersebut lebih mirip dengan gambaran kota Aleppo yang lebih modern. Pada modelnya itu, terdapat bangunan warna-warni, gedung-gedung pencakar langit, taman hijau, villa, kereta api, serta sistem jalan yang mengesankan untuk umur 14 tahun.

Dengan hanya bermodalkan pengatahuan dari internet, Mohammed membuat modelnya dengan bahan seadanya. Walau hanya dengan kertas, cat, dan spons, modelnya kini telah banyak diapresiasi. Karya dengan nama “Future Aleppo” itu kini dipajang di Museum New York City dan akan dipertunjukkan di Museum Victoria and Albert di London.

Mohammed mengatakan ketika besar nanti, ia akan mewujudkan mimpinya membuat “Future Aleppo” menjadi kenyataan, bukan hanya sekedar kertas namun bangunan sesungguhnya. Ia ingin menjadi seorang arsitek dan percaya bahwa generasi selanjutnya akan memegang peran penting dalam membangun kembali Suriah. 

“Jika anak Anda memiliki bakat, tolong bantu dia untuk mengembangkannya. Membantu kami membangun kembali negara dan masyarakat kita,” pesannya.

“Jika situasi sudah pulih, saya akan melanjutkan studi saya. Saya tidak bisa meninggalkan (Suriah), karena apapun yang bisa saya lakukan di luar negeri, saya bisa lakukan di sini,” lanjutnya seperti dilansir dari laman Mvslim.com (9/1).

Sementara itu, Aleppo kini telah menjadi lautan puing dan darah setelah memuncaknya konflik pada bulan Oktober hingga Desember tahun lalu. Ribuan korban mulai berjatuhan dan mengungsi ke negara terdekat.

Last modified on Monday, 09 January 2017 07:29
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS
© 2017 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama