Percayalah, Allah Maha Melihat Dimanapun Kamu Berada

Muslimahdaily - Pernah ingin melakukan hal konyol disaat merasa sedih, putus asa atau kesepian ? Tahan dulu. Kamu tidak sendirian. Akan ada yang selalu memperhatikan dan mengetahui segala tindak tandukmu; baik saat kamu melakukan hal terpuji maupun hal keji. Dialah Sang Maha Pencipta , Sang Raja dari Segala Raja yang kuasanya meliputi seluruh alam semesta dan isinya.

Diceritakan pada suatu hari ada seorang guru yang meminta tiga muridnya untuk menyembelih tiga ekor ayam ditempat yang berbeda dan yang tidak terlihat oleh siapapun. Ketiga muridnya itu pun langsung membawa ayamnya masing-masing dan berlari ketempat yng mereka perkirakan tidak ada yang melihat.

Murid pertama pergi ke puncak gunung. Disana, ia melihat tidak ada satupun yang melihat perbuatannya. Lalu dengan cepat, ia menyembelih ayam tersebut. Setelah selesai, ia segera kembali menghadap gurunya.

Murid kedua pergi ke gua. Setelah merasa tidak ada seorangpun melihatnya ia segera menyembelih ayamnya dan segera menghadap gurunya.

Sementara itu, murid ketiga tampak kebingungan. Ia berlari kesana kemari mencari tempat yang dimaksud gurunya. Lama ia mencari namun tak kunjung menemukan tempat tersebut. Ia segera menghadap gurunya.

Setelah ketiganya sampai, guru mereka meminta laporan hasil tugas yang yang ia berikan. Murid pertama segera melaporkan bahwa dia telah berhasil menyembelih ayam tersebut dan yakin tidak ada yang melihatnya. Begitu juga murid kedua, dia melaporkan bahwa berhasil menyembelih ayamnya di gua dan tidak seorangpun melihatnya saat itu. Sementara murid ketiga, tidak dapat memberikan laporannya. Sang guru bertanya kepadanya, ” Muridku, apa kamu sudah melaksanakan tugasmu?”

Si murid menjawab,” Maaf guru, saya tidak dapat melaksanakan tugas yang diperintahkan.”

Sang guru bertanya lagi, “Kamu bisa memberikan alasannya?”

“Saya tidak bisa menyembelih ayam ditempat yang tidak terlihat oleh siapapun karena yang saya tahu ditempat manapun di bumi ini selalu diawasi dan terlihat oleh Allah.”

Mendengar jawaban muridnya sang guru tersenyum dan berkata, ” Kamu benar muridku, tidak ada tempat didunia ini yang tidak dalam pengawasan Allah, Allah Maha Melihat. Allah Maha Melihat apapun yang dilakukan oleh makhluknya di dunia ini.”

Kisah sederhana diatas menggambarkan dengan baik bagaimana tidak ada satu tempat pun di bumi bahkan di seluruh dunia ini yang luput dari perhatian Allah. Dia akan selalu melihat dan mengawasi, namun tak akan mengubah keputusan kamu untuk berbuat baik maupun jahat. Semua kembali lagi pada diri kamu sendiri bagaimana menyikapi segala sesuatu yang ada di dunia ini.

Jangan pernah sekali pun berpikir, meski orang lain tak mengetahui perbuatan kamu, untuk melakukan hal yang tidak baik. Yakinlah Allah selalu melihat kamu tanpa henti karena Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala hal dalam hidup ini. Seperti tercantum dalam surah Al Hadiid ayat 4 yang berbunyi:

“Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa : Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

Oleh karena itu hendaknya sebelum melakukan sesuatu, ingatlah bahwa ada yang selalu mengawasi. Semoga dengan mengingat hal demikian, kamu semua bisa terpacu untuk selalu berbuat baik demi mendapatkan ridho-Nya.

Last modified on Selasa, 08 September 2015 08:20

Leave a Comment