Madam Ani : Ditentang Masuk Islam Hingga Jadi Rektor Tazkia

Madam Ani : Ditentang Masuk Islam Hingga Jadi Rektor Tazkia (Foto : Facebook Murniati Mukhlisin)

Muslimahdaily - Terlahir di Baturaja, Sumatra Selatan pada 17 Oktober 1972, Madam Ani, sapaan akrab dari Murniati Mukhlisin mulai mendalami Islam saat ia masih SMA. Sayangnya keputusan Madam Ani untuk masuk Islam ditentang oleh pihak keluarganya.

Namun hal itu tidak menyurutkan semangat dan tekad dari perempuan yang bernama asli Mu Kim Ni untuk terus mempelajari Islam. Mendapatkan tentangan dari pihak keluarga karena menjadi seorang mualaf, hal ini justru ia jadikan semangat untuk terus mempelajari Islam sembari terus melakukan pendekatan dan memberikan perhatian kepada keluarganya.

Bersama PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia), Madam Ani mendalami agama Islam dan aktif megikuti kegiatan kepemudaan Islam di Masjid Istiqlal dan Yayasan H Karim Oei.

Dilansir dari laman Republika yang menjadikan ia begitu tertarik pada agama Islam adalah karena Islam adalah agama yang harmonis, hal ini dikarenakan teman-teman beliau semasa SMA yang memiliki keluarga yang harmonis dan tekun dalam menjalankan kehidupan beragama. Usaha pendekatan yang dilakukan oleh Madam Ani kepada pihak keluarga tidak sia-sia, saat ini keluarganya sudah menerima Madam Ani sebagai seorang mualaf.

Hidup jauh dari keluarga menjadikan Madam Ani seseorang yang mandiri, selepas SMA madam Ani bekerja di Jakarta dan melanjutkan kuliah di Internasional Islamic University of Malaysia. Kemudian beliau melanjutkan S2-nya di Univeristas Indonesia dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S3 Doktoral di University of Glasgow, UK.

Ketertarikan Madam Ani jatuh pada dunia Islamic Finance, Islamic Economic, dan Islamic Accounting. Hal ini terbukti dengan banyak riset yang telah ia lakukan dan publikasi ilmiah bertaraf internasional seputar ekonomi Islam, keuangan Islam dan akuntansi Islam.

Saat ini Madam Ani menjadi pimpinan di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia, konsultan dari beberapa lembaga keuangan syariah, pengisi talkshow di forum-forum, dan mengisi kolom seputar keuangan islam di beberapa media masa. Bersama sang suami Dr. Luqyan Tamanni, Madam Ani menulis buku “Sakinah Finance”, yaitu buku tuntunan manajemen keuangan dan investasi bagi keluarga muslim agar tercipta keluarga yang sakinah mawaddah warahamah.

Last modified on Senin, 19 Maret 2018 09:49

Leave a Comment