Mushallina Fiany Sofyan

Mushallina Fiany Sofyan

Pada hari kiamat kelak, salah satu peristiwa besar yang akan terjadi adalah diperhitungkannya seluruh amalan manusia selama hidup di dunia. Hari tersebut dinamakan sebagai Yaumul Hisab, dan merupakan salah satu nama lain dari hari akhir. Pada hari itu, seluruh amalan manusia akan ditampakkan kepada masing-masing pemiliknya dan akan dimintai pertanggungjawabannya.

Manusia memiliki 3 unsur utama, yaitu: raga, jiwa, dan ruh. Jiwa merupakan jati dirinya, yang mendapat kewajiban beribadah, yang akan dihisab di akhirat kelak, dan yang menjadi mulia. Ketika ruh ditarik dari raga, jiwa tidak mati, namun ia merasakan kematian. 

Islam adalah agama yang memperhatikan segala sisi dari kehidupan umatnya, baik secara lahir, maupun batin, secara duniawi maupun ukhrawi. Segala sesuatu yang disyariatkan oleh Allah selalu mengandung hikmah, yaitu demi menjaga kemaslahatan hamba-Nya dan menjauhkan hamba-Nya dari segala keburukan. Bahkan, ilmu pengetahuan modern pun telah banyak membuktikan kebenaran syariat agama Islam dan manfaat yangterkandung di dalamnya.

Salah satu peristiwa yang akan terjadi pada hari kiamat kelak adalah melintasnya manusia di atas jembatan yang disebut dengan shirath. Manusia yang melintasinya adalah orang-orang yang beriman, karena orang kafir telah terlebih dahulu masuk ke dalam neraka. Adapun bagaimana bentuk jembatan (shirath) itu sendiri terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama, sehingga dengan demikian, sesungguhnya hanyalah Allah yang memiliki ilmu tentang hal tersebut dan tidak dapat diumpamakan dengan apapun karena keterbatasan ilmu manusia.

Syurga adalah balasan yang telah Allah janjikan bagi orang-orang beriman dan melakukan kebaikan. Janji Allah adalah pasti, dan Allah telah banyak menerangkan tentang kepastian balasan syurga ini di dalam Al-Qur’an melalui ayat firman-Nya.

Menurut istilah agama, syafa'at bermaksud menjadi perantara bagi orang lain dengan cara mendatangkan manfaat dan mencegah kemudharatan. syafa'at terbagi menjadi 2, yaitu syafa'at yang bathil dan syafa'at yang benar.

Sebagai seorang muslim yang beriman, kita wajib mempercayai akan datangnya hari akhir (kiamat) yang merupakan rukun iman yang kelima. Saat ini kita hampir berada di akhir kehidupan dunia. Banyak sekali tanda-tanda yang dapat kita lihat, yang menunjukkan akan datangnya hari akhir. 

Shalat adalah ibadah yang sangat mudah untuk ditinggalkan. Berapa banyak orang Islam yang dengan ringannya meninggalkan shalat atas alasan kesibukan, berapa banyak yang menunda-nunda untuk menunaikan shalat atau melaksanakannya di akhir waktu hanya demi menyelesaikan pekerjaannya.

Kematian adalah suatu hal yang pasti dirasakan oleh setiap makhluk yang bernyawa. Sebagaimana Allah telah berfirman dalam surah Ali Imran ayat 185.

Al-Qur’an diturunkan dengan berbagai sifatnya yang mulia. Selain sebagai kitab suci, kitab wahyu, dan kitab hukum agama Islam, Al-Qur’an juga turun sebagai rahmat, furqan (pembeda antara yang haq dan batil), nuur (cahaya), dan syifaa (obat).

Halaman 1 dari 4