Itsna Diah

Itsna Diah

Perang Uhud merupakan salah satu peristiwa besar bagi umat Islam. Saat itu, umat Islam baru saja mendapatkan kemenangan besar melalui perang Badar. Pasukan muslim yang sebagian besar adalah warga Madinah tentu merasa senang.

Salah satu dasar keimanan seorang muslim adalah percaya dengan yang ghaib. Yang dimaksud dengan ghaib adalah sesuatu yang tidak terjangkau oleh pancaindera manusia. Ada banyak hal yang termasuk ghaib, salah satunya adalah jin.

Selaian sebagai penyempura bagi kitab-kita terdahulu, Al Qur’an diturunkan tak hanya bagi umat Islam saja. Melainkan juga untuk bagi seluruh makhluk di bumi, termasuk bangsa jin.

Sayyidina Ummar bin Khattab Radhiyallahu 'anhu memang dikenal sebagai sosok yang gagah lagi berani. Sosoknya yang sebagai pemuka Quraisy amat disegani di kalangannya sendiri. Selain tegas, khalifah kedua ini adalah seorang pribadi yang cerdas, berani, tangkas, dan kuat.

Di tengah situasi seperti ini, pekerjaan jadi lebih sulit didapatkan. Tak hanya bagi lulusan baru saja, banyak juga perkeja lama yang terpaksa melepas pekerjaannya.

Tak ada yang lebih menghkawatirkan bagi Maurilla Imron selain keadaan laut Indonesia yang justru dipenuhi oleh sampah. Saat itu, Maurilla tak sengaja melihat sebuah video yang diambil oleh divers asal Inggris yang tengah menyelam di laut Nusa Penita, Bali. Harapnya, bahari Indonesia dipenuhi dengan berbagai biota laut yang cantik dan menawan. Namun yang ditemukam justru sampah plastik yang berasal dari masyarakat.

Sahabat Muslimah, apakah kamu pernah merasa sedang dalam keadaan iman yang sangat rendah? Misalnya, malas mendirikan shalat, mengulur-ngulur waktu, dan lebih banyak bermaksiat.


Dikisahkan dari Qutaibah bin Sa’id kepada Ya’qub bin Abdurrahman dari Abu Hazim dari Sahl bin Sa’d. Suatu ketika, datanglah seorang wanita kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan tujuan agar dinikahkan.

Pernikahan merupakan ibadah yang sangat penting dan sakral dalam Islam. Bahkan di dalam Al Qur’an pernikahan disebutkan sebagai perjanjuan yang kuat dan kukuh, ikatan yang suci.

Di antara deretan sahabiyyah yang memiliki keutaman, ada satu di antaranya yang dijuluki ‘Bidadari para syuhada’. Dialah Sayyidah Atikah binti Zaid Radhiyallahu ‘anha. Dipanggil demikian, lantaran semasa hidupnya Atikah selalu menikah dengan pria-pria terbaik yang meninggal dalam keadaan syahid.