7 Karakter Komik Superhero Muslim

Muslimahdaily - Superhero, pemberantas kejahatan dimuka bumi, yang memiliki berbagai macam kekuatan super untuk menolong orang – orang. Tahukah kamu superhero ada juga ada yang beragama muslim loh...! Penasaran ? Yuk kita berkenalan dengan karakter – karakter superhero muslim ini.

1.Kamala Khan

 

Kamala Khan merupakan salah satu karakter superhero dari Marvel yang diciptakan oleh Sana Amanat, G. Willow Wilson, dan Adrian Alphona. Karakter Kamala Khan pun menjadi karakter superhero muslim pertama Marvel Comics.

Kamala Khan digambarkan sebagai anak bungsu dari dua bersaudara yang lahir dari keluarga tradisional Pakistan yang tinggal di New Jersey, Amerika. Kamala memiliki kemampuan untuk berubah bentuk hingga akhirnya ia menyadari bahwa dirinya mempunyai gen inhuman. Kamala pun menggunakan nama Ms. Marvel sebagai identitas superheronya, karena ia mengidolakan Carol Danvers.

Karakter Kamala Khan ini pertama kali muncul dalam Captain Marvel nomor 14 pada Agustus 2013.

2. Sooraya Qadir a.k.a Dust

Sooraya Qadir atau Dust merupakan karakter superhero yang diciptakan oleh Grant Morrison, Frank Quitely, Ethan Van Sciver. Dust pertama kali muncul dalam komik New X-Men nomor 133 edisi Desember 2002 yang diterbitkan oleh Marvel Comics.

Dust digambarkan sebagai seorang mutan perempuan Muslim Sunni kelahiran Afganistan. Ia memiliki kemampuan mengubah tubuhnya menjadi debu. Kemunculannya diawali saat anggota X-Men sedang melakukan perjalanan menuju Afganistan untuk menyelamatkan Dust yang menjadi sasaran para pedagang budak karena kemampuannya itu.

Dust sempat tampil sebagai cameo dalam film X-Men Origins: Wolverine sebagai salah seorang mutan yang ditahan di fasilitas milik William Stryker. Ia juga muncul dalam serial animasi Wolverine and the X-Men episode 'Hindsight Pt. 1'.

3. Faiza Hussain

Faiza Hussain muncul pertama kali dalam komik Captain Britain and MI: 13 #1 (Mei 2008). Ia merupakan seorang dokter dengan keturunan Inggris – Pakistan, dia bekerja di ruang gawat darurat rumah sakit London. Pada saat invasi skrull, Faiza terkena laser yang memberikan kekuatan kepada dirinya, yaitu dapat membongkar organ tubuh tanpa harus membunuh orang tersebut. Kekuatan tersebut sangat membantu Faiza sebagaimana perannya yang merupakan seorang dokter.

Dalam aksinya, ia selalu ingat kepada Allah dan mendoakan perlindungan saat ia sedang berusaha menyelamatkan nyawa orang. Selain mendapatkan kekuatan super, ia juga diwarisi sebuah pedang Excalibur, benda pusaka Merlyn.

4. Simon Baz a.k.a Green Lantern

Simon Baz merupakan sebuah karakter yang diciptakan oleh pengarang Green Lantern, Geoff Johns dan Doug Mahnke.

Simon Baz adalah seorang imigran keturunan Libanon – Amerika, ia hidup di Dearborn, Detroit. Setelah krisis finansial menimpa Detroit, kota tersebut menjadi sebuah kota yang sering terjadi kriminalitas.

Simon Baz pun dipecat dari pekerjaannya. Karena frustasi, ia terjerumus menjadi pencuri kendaraan bermotor. Suatu hari, ia mencuri sebuah truk yang berisi bom yang ditujukan untuk tindakan teroris. Tiba – tiba saja, Simon Baz memiliki keberanian untuk menggagalkan aksi terorisme tersebut dan membuat dirinya dipilih menjadi Green Lantern yang baru sekaligus menjadi karakter asal Amerika keturunan Timur Tengah pertama yang menjadi anggota Green Lantern Corps.

Simon Baz pertama kali muncul dalam komik The New 52 Free Comic Book Day Special Edition nomor 1 yang terbit pada Mei 2012. Ia digambarkan sebagai anggota Green Lantern Corps, di kisah 'Rise of the Third Army' untuk menggantikan sosok Hal Jordan selaku Green Lantern perwakilan bumi.

5. Bilal Asselah a.k.a Nightrunner


Bilal Asselah atau Nightrunner merupakan salah satu karakter komik dari DC Comics. Tokoh ini diciptakan oleh David Hine dan Kyle Higgins. Nightrunner pertama kali muncul di Detective Comics Annual nomor 12 pada Februari 2011.

Nightrunner ini digambarkan sebagai seorang Muslim Suni keturunan Algeria dan berusia 22 tahun. Nightrunner direkrut oleh Bruce Wayne (Batman) dan Dick Grayson untuk membantu kelompok Batman Incorporated agar bisa beraksi di Negara Prancis.

Alasan David Hine menciptakan karakter Nightrunner sebagai cerminan situasi sosial dan politik yang berlangsung di salah satu kota di Prancis, yaitu Clichy-Sous-Bois. Nightrunner pun turut membantu Batman dalam melenyapkan perbudakan anak.

6. Silver Scorpion

Komik Silver Scorpion diciptakan melalui kolaborasi antara perusahaan Liquid Comics yang berbasis di Los Angeles dan penerbit Open Hands Initiative. Mukesh Singh adalah salah satu orang yang menggambar komik tersebut.

Pada komik ini terdapat karakter yang dinamai Silver Scorpion. Karakter tersebut digambarkan sebagai sosok superhero muslim yang kehilangan kakinya karena kecelakaan dan selalu menggunakan kursi roda untuk bergerak.

Sosok asli dari Silver Scorpion adalah seorang remaja yang bernama Bashir Bari. Ia berasal dari sebuah kota fiksi di Arab dan berubah menjadi seorang pahlawan setelah mengetahui dirinya dapat mengendalikan metal dengan pikirannya.

7. Monet Yvette Clarisse Maria Therese St. Croix

Monet Yvette Clarisse Maria Therese St. Croix, namanya memang tidak menggambarkan bahwa dirinya adalah seorang muslim tetapi superhero wanita yang memiliki panggilan M, dibuat untuk mengeksplorasi isu-isu kebencian anti-Muslim dalam budaya Amerika kontemporer.

M merupakan karakter ciptaan Scott Lobdell dan Chris Bachalo. Sosok M kerap kali muncul dalam kisah X-Men dan pertama kali hadir di komik Uncanny X-Men nomor 316 terbitan September 1994. Pada tahun 2011, Monet muncul dalam komik X-Factor ciptaan Peter David.

Di beberapa kesempatan, M muncul di episode Badlands dalam serial animasi Wolverine and the X-Men. Ia juga pernah dihadirkan dalam film televisi Generation X yang diperankan oleh Amarilis.

Leave a Comment