5 Buku yang Wajib Dibaca Sebelum Menjadi Seorang Ibu

By May 7, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Menjadi orangtua, terutama seorang ibu buknanlah hal yang mudah. Banyak hak yang harus dipelajari untuk mendidik anak, mulai dari cara merawat hingga mengajarkan anak tentang perilaku dan akhlak agar tumbuh menjadi anak yang baik.

Untuk itu, membaca buku-buku parenting merupakan salah satu cara sederhana untuk mempelajari hal-hal tersebut. Dikutip dari laman gramedia.com, berikut 5 buku yang wajib dibaca sebelum menjadi seorang ibu.

1.Happy Little Soul – Retno Hening

Happy Little Soul merupakan buku yang ditulis oleh Retno Hening, seorang ibu yang sering membagikan aktivitas sang anak, Kirana, di akun instagram pribadinya. Dikutip dari laman gramedia.com, buku yang memiliki ilustrasi yang menarik ini menceritakan bagaimana cara Retno mengasuh anaknya dari masa mengandung hingga melahirkan. Contohnya, bagaimana ia mengajarkan Kirana untuk mengenali emosi, seperti tenggang rasa dan toleransi.

Di dalam bukunya, Retno juga mengatakan bahwa menjadi seorang ibu itu haruslah selalu happy, karena anak akan merasa disayang dan dicintai sehingga membentuk pribadi yang positif.

Dengan adanya ilustrasi dan bahasa yang ringan, buku ini menjadi lebih mudah dipahami dan tidak membosankan. Tak heran, buku ini mendapat gelar Book of the Year dari Indonesia International Book Fair Festival (IIBF) pada tahun 2017.

2.Orangtua Cermat, Anak Sehat – dr. Arifianto

Dikutip dari Femina, buku terbitan Gagas Media ini membagikan berbagai tips dan trik untuk menghadapi kesulitan memberi makan kepada anak. Misalnya, orangtua harus kreatif dalam menyajikan makanan sehingga anak bersemangat hingga mau makan. Sebisa mungkin, orangtua dapat menjadikan makan sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Tak hanya itu, buku yang ditulis oleh dr. Arifianto ini juga menyajikan informasi tentang kesehatan anak, penanganan bayi yang baru lahir, hingga tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, buku ini merupakan buku yang wajib dibaca oleh para calon ibu.

3.Parenthink: Karena Hanya Orang Tua Cerdas – Mona Ratuliu

Buku yang ditulis oleh aktris Mona Ratuliu ini berisi tentang pengalaman-pengalaman Mona bersama sang suami ketika merawat anak-anaknya. Dikutip dari laman gramedia.com, dalam bukunya ini, Mona mengajak para orangtua untuk mendidik anak-anaknya dengan menjadi teladan bagi sang buah hati.

Bahasa yang ringan serta pembahasan yang jelas membuat buku ini dapat mudah dipahami oleh para pembaca. Pembaca seolah diajak berbincang secara langsung oleh Mona.

4.How to be a Happier Parent - K.J. Dell'Antonia

Dilansir dari IDN Times, dalam bukunya, K.J. Dell’Antonia menguraikan sembilan poin umum masalah parenting yang paling sering dihadapi oleh para orang tua, yaitu persoalan bangun pagi, pekerjaan rumah, masalah antar saudara, olahraga, PR (Pekerjaan Rumah), gadget (TV atau HP), kedisiplinan, family time, dan free time.

Masing-masing poin tersebut dijabarkan sang penulis dengan baik. Mulai dari masalah apa saja yang dapat terjadi hingga cara mengatasinya. Contohnya, bagaimana orangtua dapat mengajak anak untuk melakukan pekerjaan rumah bersama, atau bagaimana orangtua mengajarkan anak untuk menerima kegagalan

5.Strong as a Mother – Kate Rope

Strong as a Mother merupakan buku yang berisi panduan untuk para ibu muda untuk mempersiapkan dirinya memasuki dunia motherhood. Dikutip dari goodreads, buku ini menyajikan tips dan trik sebelum, saat, dan sesudah menjadi seorang ibu.

Tak hanya itu, buku ini membantu para ibu muda untuk mengatasi stress dan kecemasan berlebih saat merawat buah hatinya sehingga dapat menjadi ibu yang kuat bagi sang buah hati.

Buku memang penting dalam menjadi sumber referensi mengenai pengetahuan cara mengasuh anak. Namun, orangtua juga harus mengerti sepenuhnya tentang anaknya, karena jika sudah mengerti, maka orangtua akan lebih mudah mengetahui cara yang paling tepat untuk mengasuh dan mendidik anaknya dengan baik.

Last modified on Tuesday, 07 May 2019 06:11

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama