Waktu Santai Jadi Berpahala, Ini 5 Rekomendasi Buku Bacaan Saat Ramadhan

By May 22, 2019 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Membaca buku di waktu santai ketika saat berpuasa bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan positif yang menghasilkan pahala berlimpah. Allah Subhanahu Wa Ta’ala sendiri menyeru agar kaum Muslimin belajar dan membaca. Sudah jelas disebutkan bahwa Islam sendiri adalah agama untuk orang – orang yang berfikir.

Islam sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan terus mendorong agar setiap umat Muslim bisa mengajarkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Maka dari itu, selagi ada waktu luang selama Ramadhan, manfaatkanlah untuk membaca buku – buku yang bermanfaat dan mempertebal keimanan. Berikut adalah buku – buku yang harus kamu baca ketika Ramadhan.

1. Al-Quran

Tidak akan lengkap mengisi waktu luang di bulan Ramadhan tanpa membaca Al Quran. Ibarat agama Islam adalah kerangka, maka Al Quran adalah dagingnya. Kesuksesan seorang Muslim adalah seberapa baik kamu mengetahui dan mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari – hari.

Al Quran mengandung panduan, perkara, nasehat, perumpamaan hidup, dan petunjuk menempuh kehidupan yang lurus menggapai kesuksesan di dunia dan akhirat. Tanpa membaca Al Quran, kehidupan akan terasa hampa dan gelap tidak pernah merasakan kedamaian.

2.Shahih Bukhari dan Muslim

Buku yang paling shahih selepas Al Quran dalam Islam adalah Sahih Bukhari dan Muslim. Dengan membaca buku ini, kita akan memahami berbagai ucapan dan perilaku Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wasalam yang menjadi manusia berakhlak paling mulia.

Buku Shahih Bukhari disusun oleh Mohammed ibn Ismail al Bukhari. Sedangkan, Shahih Muslim, mencantumkan hadist Rasul sekaligus beberapa panduan untuk membedakan mana ciri – ciri hadits asli dan mana hadits yang palsu. Di dalam buku – buku ini mengandung berbagai penjelasan bagaimana cara berdoa, sholat dan menjalani kehidupan Muslim yang sejati

3.Ar-Raheeq Al-Makhtum (The Nectar Sealed)

Biografi Nabi yang paling popular ialah Ar-Raheeq Al-Makhtum (The Nectar Sealed) yang dirilis pada tahun 1979. Buku ini ditulis oleh seorang wartawan asal Negeri Piramida Mesir, Muhammad Husayn Haykal.

Dalam buku ini, sang penulis mencoba menjelaskan biografi Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wasalam yang asli, untuk menangkal isu – isu negatif untuk menghancurkan citra nabi dari kalangan non – muslim.

4. "Reclaim Your Heart" oleh Yasmin Mogahed

Meluangkan waktu di bulan Ramadhan untuk membaca buku – buku yang cerdas akan menambah wawasan spiritual. Dalam buku ini, Yasmin Mogahed akan mengajak pembaca merenung kehidupan. Bagaimana kita berhubungan dengan Allah Azza Wa Jalla dan orang – orang di sekitar kita yang mungkin berbeda agama.

Buku ini menurut beberapa kalangan sangat berat dari sisi emosional. Kata – kata yang dipilih oleh Mogahed terkadang mengajak para pembaca sejenak merenung dan berpikir, agar bisa memahami dan menyerap apa yang hendak disampaikan.

5. "Women in the Quran: An Emancipatory Reading " oleh Asma Lamrabet

Sebagai wanita Muslim, mungkin kita semua telah akrab dengan nama dan kisah Khadijah, istri Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wasalam. Khadijah radiallahu anha adalah janda berusia 40 tahun yang membutuhkan bantuan untuk menjalankan bisnisnya.

Sementara, Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wasalam adalah pria cakap yang bisa dipercaya menjalankan bisnis. Khadijah merupakan janda kaya yang biasa berbisnis hingga ke luar negeri dengan muatan kereta yang paling besar dari semua sukunya.

Khadijah bisa saja memilih menikahi pria lain, tetapi wanita mulia ini memilih pria yang tidak berstatus sosial atau sederajat dengannnya. Ia memilih Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wasalam karena karakter dan akhlaknya yang terhormat. Khadijah adalah contoh Muslimah yang mandiri, tangguh dan cerdas.

Dalam buku ini ada dua bagian, yaitu tentang bagaimana Al Quran berbicara mengenai wanita dan bagaimana seharusnya memperlakukan wanita.

Last modified on Wednesday, 22 May 2019 04:30

Leave a comment

© 2018 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama