Review Buku Mindful Life, Seni Menjalani Hidup Bahagia dan Bermakna

Buku Mindful Life Buku Mindful Life

Muslimahdaily - Kehidupan moderen yang serba cepat seperti saat ini membuat kita buru-buru dalam menjalankan sesuatu, mudah tersinggung dan reaktif dalam menghadapi setiap kejadian yang terjadi dalam hidup. 

Melalui buku Mindful Life, Dharmawan Aji ingin mengajak pembaca menjalani hidup dengan lebih tenang, bahagia, dan bermakna.

Dharmawan Aji ialah seorang pelatih pengembangan diri bersertifikasi internasional. Buku Mindful Life disarikan dari tiga disiplin ilmu yang dipelajarinya yaitu Neuro-Lingusitic Programming, Cognitive-Behavior Therapy dan Mindfulness.

Diawali dengan pembahasan mengenai bagaimana berhenti mengendalikan apa yang tidak dapat dikendalikan, kebanyakan orang suka mengkhawatirkan apa yang tidak dapat dikendalikan oleh dirinya. Pada bagian ini Dharmawan Aji membagikan tiga hal yang dapat dikendalikan dalam hidup seseorang yaitu pikiran, ucapan, dan tindakan.

Beberapa waktu terakhir ini istilah Mindfulness menjadi cukup populer. Mungkin muslimah pernah mendengar seseorang yang mengatakan Mindfulness-lah dalam hidup. Nah, di dalam buku ini penulis membahas dengan lengkap apa itu mindfulness dan bagaimana cara menjalani hidup secara mindful.

Tak hanya mengajak pembaca untuk hidup Mindfulness, buku ini juga menyadarkan pembaca untuk menjadi pribadi yang lebih fleksibel, tidak reaktif, dan mensyukuri setiap hal yang terjadi dalam hidup. Pada bagian akhir buku ini pembaca akan diajak menemukan makna dan kebahagiaan sejati, di dalam buku ini kebahagiaan dibagi menjadi tiga tingkatan.

“Ada tiga level bahagia, pertama pleasure bahagia yang didapat dari raga dan indra, kedua passion bahagia yang didapat karena bekerja sesuai minat dan bakat, ketiga adalah purpose yaitu kebermaknaan yang didapat dengan menjadi manfaat bagi orang lain," tulis Aji. 

Buku dengan soft cover ini dicetak pada tahun 2019, diterbitkan oleh Tiga Serangkai. Selain berisi mengenai fenomena kehidupan sehari-hari buku ini juga berisi langkah-langkah konkret untuk menjalankan hidup lebih mindful dan bahagia. Fontnya yang klasik dan tampilan buku yang minimalis membuat buku ini enak dibaca, dan mudah untuk dicerna.

Terdiri dari 216 halaman buku ini sangat cocok dinikmati bagi para muslimah yang ingin meningkatkan kualitas diri. Melalui buku ini muslimah dapat belajar merencanakan hidup, menjalaninya, dan melepaskan apa yang seharusnya dilepaskan. Buku ini akan menuntunmu menuju hidup bahagia dan penuh makna. Selamat membaca!

Leave a Comment