Kasihnya Tiada Tara, 5 Buku Ini Bercerita Tentang Sosok Ibu

By February 20, 2020 0
Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Ibu bagaikan malaikat tak bersayap, ia adalah sosok yang telah melahirkan, menjaga, mengurus, merawat kita sebagai anak hingga dewasa dengan kasih sayang yang amat tulus. Ibu tak pernah meminta imbalan sedikit pun atas jasa yang telah ia berikan untuk kebahagaian anaknya.

Jika ditulis dalam rangkaian kata, tak ada habisnya menggambarkan sosok seorang Ibu yang begitu penting dalam hidup kita. Banyak kisah yang tertuang dalm bentuk buku yang menceritakan sosok Ibu. Saat membacanya sudah dipastikan membuat kita menitikkan air mata. Buku atau novel yang bercerita tentang Ibu seringkali membuat kita sadar akan cinta dan kasih sayang yang amat luar biasa.

Berikut Muslimahdaily rekomendasikan lima buku yang bercerita tentang Ibu dengan kisah yang amat menyentuh:

Satu Hari Bersamamu

Merupakan karya dari Mitch Albom, yang menceritakan tentang Charley Bonetto yang mendapatkan kesempatan kembali untuk menghabiskan waktu bersama ibunya yang telah meninggal dunia. Pauline Bonetto, ibunya, yang telah meninggal delapan tahun lalu hadir dihadapan Charley kala itu. Mereka saling bercakap dan menghabiskan waktu melepas rindu di tengah Charley hendak memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Buku ini memeberi banyak pelajaran mengenai tulusnya cinta, perpisahan, kematian, menghadapi ujian hidup dan bertahan dengan semua permasalahan. Tak hanya itu, buku ini juga mencakup soal berdamai dengan diri sendiri.

Ibuk

Novel “Ibuk” secara garis besar menceritakann kehidupan sebuah keluarga yang kurang mampu, tetapi tidak menyerah dalam menata masa depan anak-anak mereka. Penulis Iwan Setyawan, menceritakan seorang gadis bernama Tinah (18) yang menikah dengan seorang sopir angkot, Abdul Hasyim.

Setelah menikah mereka dikaruniai lima orang anak, empat anak perempuan dan satu anak laki-laki. Tinah yang memeiliki latar belakang pendidikan tingkat sekolah dasar, harus berjuang betul akan pendidikan kelima anakanya. Ia harus berhutang ke sana – ke mari demi membayar biaya sekolah mereka.

Usahanya pun berbuah manis, mereka berhasil menyekolahkan kelima anaknya hingga tuntas. Bayek, anak laki-lakinya, berhasil menempuh pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tepatnya IPB (Institut Pertanian Bogor) dan mendapat tawaran bekerja di New York.

Melansir dari berbagai sumber, kisah ini merupakan kisah nyata dari sang penulis, Iwan Setyawan, yang ia rasakan sendiri beserta keluarganya.

Ibu Mendulang Anak Berlari

“Ibu Mendulang Anak Berlari” merupakan kumpulan puisi karya Cyntha Hariadi. Di dalamnya menceritakan kompleksitas dalam kehidupan seorang ibu yang dikemas dengan bahasa sederhana. Cyntha dengan apiknya menggambarkan relasi ibu dan anak. Hal ini ditulisnya untuk mematahkan kebiasaan masyarakat sekitar yang membebankan perempuan untuk menjadi sosok manusia super yang berperan sebagai orang tua.

Diawali dengan “Kelahiran”, kemudia dilanjutnya dengan puisi “Cium Kepalanya!” yang menggambarkan pertemuan pertama ibu dan anak.

Dua Ibu

“Dalam kehidupa ada dua macam ibu. Pertama, sebutan untuk perempuan yang melahirkan anaknya. Kedua, sebutan untuk perempuan yang merelakan kebahagiannya sendiri buat kebahagian anak orang lain, dengan rasa bahagia pula.”

Kutipan di atas merupakan bagian dari Novel “Dua Ibu”. di mana mengisahkan tentang seorang Ibu yang membesar kesembilan anaknya tanpa kenal lelah. Novel karya Arswendo Atmowiloto diterbitkan pada 1980 dan meraih penghargaan Karya Fiksi Terbaik dalam ajang Yayasan Buku Utama 1981 silam.

Genesis

Terakhir, ialah novel Genesis karya Ratih Kumala. Di dalamnya mengisahkan seorang gadis bernama Pawestri yang dibesarkan dalam keluarga Katolik yang taat. Di usia menginjak 19 tahun, ia mencintai seorang pria yang menghamilinya sebelum menikah dan pergi meninggalkannya begitu saja.

Mengetahui hal tersebut, sang ayah murka dan mengusirnya. Melihat hal itu, ibunya hanya dapat diam membisu, saat inilah peran seorang ibu yang harus tunduk pada suami dan kecintaan pada anak menguji ibunya.

Nah, bagaimana Sahabat Muslimah? Tertarikkah untuk membaca kisah selanjutnya? Atau kalian memiliki referensi lainnya? Apapun itu, buku yag menceritakan sosok seorang Ibu adalah buku yang paling menyayat hati. Selamat membaca!

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama