6 Tips Meraih Pencapaian yang Tertunda, Cocok Untuk Self-Quarantine

Buku Zen Habits Buku Zen Habits (muslimahdaily/SuhaYumna)

Muslimahdaily - Bagi kamu yang sudah terbiasa membuat jadwal kegiatan harian, mingguan atau bahkan bulanan maka itu adalah langkah dan rutinitas yang baik. Apalagi jika kamu bisa melakukannya dengan konsisten dan sesuai dengan planning.

Untuk menambah tantangan dalam hidupmu, cobalah untuk memasukkan pencapaian besar dalam jadwal mingguanmu. Pencapain besar adalah persoalan-persoalan utama atau impian dalam hidupmu yang sempat tersingkirkan oleh hal-hal kecil atau karena alasan tak ada waktu untuk melakukannya.

Kali ini, buku Zen Habits “Meraih Kesederhanaan, Kebahagiaan dan Produktivitas dalam Hidup” karya Leo Babauta, memberikan 6 tips agar kamu bisa tetap melakukan pencapaian-pencapaian besarmu yang tertunda di tengah kesibukan:

1. Membuat daftar pencapaian

Pada awal pekan, hari Minggu malam atau Senin pagi, tulis langkah besar apa saja yang ingin kamu lakukan dan capai pada satu minggu kedepan. Ini adalah langkah penting yang harus dilakukan, nantinya kamu akan merasa senang jika menengok kembali dan berhasil melakukan semuanya.

Tak hanya pekerjaan saja yang harus kamu tuliskan dalam daftar tersebut, kamu juga bisa menuliskan beberapa hal yang harus dituntaskan di sepanjang perjalanan menuju tujuan dan mewujudkan impian hidup.

2. Buat dengan ringkas

Pada percobaan pertama kamu cukup membuat 4-6 pencapaian besar yang bisa dilakukan pada minggu pertama. Nanti kedepannya, jika kamu sudah bisa menuntaskan pencapaian tersebut dalam waktu yang ditentukan, barulah kamu bisa menambahkannya sedikit demi sedikit.

Tetapi permulaan, cukuplah satu pencapaian besar per harinya.

3. Menempatkan pencapaian besar

Jika kamu sudah terbiasa menulis jadwal harian atau bahkan mingguan, maka kamu bisa menyelipkan pencapaian besar tersebut dalam jadwal.

Tempatkanlah pencapaian pada jadwal yang sudah pasti kamu bisa melakukannya, jangan diletakkan di waktu-waktu sibuk, atau diselipkan pada waktu-waktu luang yang singkat. Intinya, sisakan waktu khusus untuk melakukan pencapaian besar ini disela jadwalmu, agar fokusmu tak terbagi.

4. Jadikan prioritas

Jangan lupa untuk mengecek setiap harinya pencapaian besar apa yang harus kamu lakukan hari itu. Cobalah untuk menjadikannya prioritas. Jika ada tugas paling penting yang masih bisa ditunda, kamu bisa menempatkannya dalam jadwal, tetapi jangan terlalu banyak.

Jadwal yang ketat cenderung akan membuatmu kelimpungan dan pada akhirnya rencanamu berantakan.

5. Kerjakan lebih awal

Usahakan untuk melakukan pencapaian besar dan utama di pagi hari. Jangan jadwalkan di siang hari, karena biasanya di siang hari kamu akan memiliki pekerjaan lain yang harus dilakukan, pada akhirnya yang utama malah akan tersingkirkan.

Kerjakan yang utama terlebih dahulu, kemudian gunakan sisa harimu untuk melakukan pekerjaan yang lain.

6. Jangan lupa apresiasi diri

Setelah sepekan kamu berhasil mengerjakan semua rencanamu, maka jangan lupa untuk mengapresiasi diri. Berbahagialah karena kamu sukses untuk tetap dengan jadwal dan juga konsisten.

Kamu bisa memberikan hadiah pada dirimu sendiri seperti marathon series, membeli makanan enak dan hal lain yang membuatmu bahagia.

Selamat mencoba!

 

Last modified on Senin, 23 Maret 2020 18:38

Leave a Comment