5 Rekomendasi Buku Untuk Stimulasi Kreativitas Anak Balita

pop-up book pop-up book (foto: id.theasianparent.com)

Muslimahdaily - Rasa keingintahuan anak akan mulai muncul pada saat balita yaitu kisaran usia dibawah lima tahun. Menurut dr. Margaretha Komalasari, Sp.A dari Brawijaya Women & Children Hospital, pada usia 2 tahun, anak sudah mencapai setengah tinggi badan orang dewasa. Perkembangan otaknya pun sudah mencapai 80 persen dari otak orang dewasa.

Di usia balita ini, anak akan melalui tujuh tahapan proses belajar, mulai dari mendengar, melihat, merasakan, mengingat, meniru atau mencoba, menyimpan memori serta proses mengulang dan membiasakan.

Ada baiknya selama proses pembelajaran ini, orangtua bisa memberikan stimulus dan median pembelajaran bagi anaknya. Saat anak sudah mencapai tahap terakhir dari proses belajar, sebaiknya mulailah kenalkan ia dengan buku.

Ada banyak jenis buku yang bagus untuk media pembelajaran anak berusia kurang dari lima tahun. Mulai dari buku cerita hingga jenis buku yang dibuat sedemikian rupa untuk merangsang kreativitas mereka.

Mengutip dari laman The Asian Parent, berikut lima jenis buku untuk media pembelajaran anak usia Balita:

1. Convertible Book (buku yang bisa berubah bentuk)

Buku ini bisa berubah jadi playmat, atau alas main panjang dengan gambar aliran jalur perairan. Anak bisa belajar sambil bermain di atas buku playmat ini. Dengan 4 titik perekat, sangat praktis untuk dibongkar pasang dan bisa dibentuk menjadi kapal-kapalan. Buku ini bisa didapatkan di Little Brownfox.

2. Busy Book

Model ini tersedia dengan berbagai macam tema dari film animasi favorit anak. Salah satunya The Good Dinosaur ini. Buku cerita yang satu ini, selain bisa berubah playmat, buku ini memiiki karakter-karakternya. Buku ini bisa didapatkan di Samuelia Edutoysbooks.

3. Noisy Book (buku suara-suara)

Buku ini menyediakan 60 jenis suara hewan yang berbunyi ketika disentuh sesuai gambarnya. Hewan-hewan tersebut dikategorikan dalam 4 kelompok; hewan ternak, peliharaan, binatang hutan, serta hewan laut, yang dijelaskan dengan ilustrasi menarik di tiap halaman bukunya. Buku ini bisa didapatkan di Baby Library.

4. Buku Piano

Sesuai dengan nama buku ini, buku ini disertai dengan piano yang dapat berbunyi. Tangga nada dan tuts piano di buku ini digambarkan dengan warna tertentu. Tersedia enam pilihan lagu seperti Twinkle-twinkle dan Wheels on the Bus.

Selain itu, ada tiga lagu yang bisa diputar ketika menekan tombol di tengah piano. Buku ini bisa didapatkan di HappyKids Bookstore.

5. Pop-up Book

Buku ini dapat memunculkan gambar dan ilustrasi ketika halaman-halamannya dibuka. Buku ini bisa didapatkan di Cloud & Books.

Nah, itu dia kelima jenis buku yang wajib dimiliki agar anak dapat mengembangkan kreatifitasnya dalam belajar. Selain itu, buku-buku seperti di atas juga bisa membuat anak tidak cepat bosan ketika belajar

 

Leave a Comment