5 Rekomendasi Buku Self-Development, Untuk Kamu yang Sedang Insecure!

ilustrasi buku ilustrasi buku (foto: gramedia.com)

Muslimahdaily - Di jaman sekarang ketika teknologi dan media sosial sudah semakin berkembang, rasa tidak percaya diri dan cemas seringkali hadir dalam diri dengan mudahnya. Rasa insecure ini bukan hanya soal penampilan saja, tetapi bisa mencakup sampai ke karir dan keuangan. Jika tak segera di atasi, rasa insecure perlahan akan merusak kesehatan mental kita. Selalu diliputi penyesalan dan kekecewaan.

Jika kamu sedang berada di posisi tersebut, kemudian berniat untuk mengubahnya, Muslimahdaily punya 5 rekomendasi buku yang bisa kamu baca sebagai salah satu solusi atasi insecure. Coba untuk luangkan waktu sejenak, duduk sambil minum kopi atau teh hangat kemudian baca buku-buku ini.

Yuk simak ulasannya!

1. Happy Women: Saya Bahagia Hari Ini, Esok, Seterusnya, Sampai Selamanya (Maria Fenny)

Buku ini baru saja dirilis pada 20 Januari 2020 kemarin. Dalam bukunya, Maria Fenny menjelaskan tentang jawaban akan arti kebahagiaan bagi seorang wanita. Ia menceritakan definisi tentang kebahagiaan sesungguhnya, mencari tahu sumber kebahagiaan darimana, sampai bagaimana kita bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Dari buku ini, kita bisa menemukan kembali jati diri kita sebagai wanita serta menemukan potensi terdalam yang kita miliki.

2. Shut Up, Move On (Paul McGee)

Buku karya Paul McGee ini sudah terkenal akan keberhasilannya dalam menolong banyak orang untuk lebih percaya diri dan berubah menjadi lebih baik. SUMO, singkatan dari buku ini, terbit pada 1 Agustus 2006 dan sejak saat itu menjadi buku best-seller dalam kategori self-help.

Paul McGee mendefinisikan 6 prinsip SUMO yang dapat membantu kita menciptakan dan menikmati hidup yang cemerlang. Ketika kita menghadapi masa-masa sulit dalam hidup, 6 prinsip ini bisa dijadikan sebagai pegangan untuk membantu melewatinya.

3. Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat (Mark Manson)

Mark Manson dan bukunya ini sudah sukses menjadi best-seller di berbagai negara, termasuk Indonesia. Buku ini mengajarkan—terlebih kepada generasi milenial tentang cara menjadi bahagia dan kuat. Dilakukan dengan berhenti memaksakan diri agar selalu bersikap ‘positif’ akan segala hal dan cobalah untuk bersikap ‘bodo amat’.

Bukan berarti harus tidak peduli dengan kondisi di luar, tapi diharapkan kita bisa acuh dengan komentar negatif yang membuat semakin insecure.

4. Beautiful You: A Daily Guide To Radical Self-Acceptance (Rosie Molinary)

Buku karya Rosie Molinary yang terbit pada tahun 2010 ini memberikan poin penting tentang menghargai diri kita sebagai wanita. Ia ingin wanita berapapun umurnya, bagaimana pun penampilannya, warna kulit, berat badan, dan hal lainnya merasa bahwa kita memang dilahirkan menjadi seseorang yang cantik.

Molinary juga menyajikan rencana serta tips-tips mudah yang bisa kita ikuti untuk membangun kepercayaan dalam diri. Buku ini membantu wanita untuk memperkuat kesehatan emosional dan fisik untuk melawan berbagai kritikan dari orang lain.

5. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa (Alvi Syahrin)

Buku motivasi karya Alvi Syahrin ini dirilis pada November 2019 kemarin. Dalam buku ini disajikan berbagai cerita pendek yang akan menemani dan membantu kita untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Seperti deskripsi di bukunya, Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa ditunjukkan untuk kita yang masih ragu dan cemas akan masa depan, ekspektasi orang sekitar, atau yang sedang diburu oleh waktu.

Salah satu kalimat yang bisa kita ambil dari buku ini adalah “Hidup adalah tentang sebaik-baiknya berusaha, jatuh lalu bangun lagi, dan tidak berhenti percaya bahwa segala perjuanganmu tidak akan sia-sia.”

Itu dia 5 buku rekomendasi dari Muslimah Daily. Untuk sahabat muslimah yang ingin lebih percaya diri dan sedang dilanda insecure, kelima buku ini bisa kalian jadikan sebagai media untuk berubah menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment