5 Buku yang Wajib Dibaca saat Mengalami Quarter Life Crisis

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, memasuki usia 20an pasti tak asing lagi dengan istilah ‘quarter life crisis’ atau krisis seperempat abad. Umumnya dalam fase ini seseorang akan diliputi dengan rasa khawatir, bingung, stres bahkan galau akan ketidakpastian kehidupannya di masa mendatang.

Rasa khawatir berlebih ini biasanya meliputi masalah karier, percintaan, dan kehidupan sosial. Tidak hanya itu, orang yang mengalami quarter life crisis kerap kali mempertanyakan eksistensinya sebagai seorang manusia.

Sebenarnya fase ini sangat wajar terjadi, ya Sahabat Muslimah. Kalau kamu mengalami kondisi seperti ini, alangkah baiknya jika kamu belajar membuka pikiran dan salah satunya adalah dengan membaca beberapa buku seputar quarter life crisis.

Berikut lima buku yang wajib kamu baca saat sedang mengalami quarter life crisis rangkuman Muslimahdaily.

1. Filosofi Teras (Henry Manampiring)

Sahabat Muslimah pasti tak asing lagi dengan buku yang satu ini. Lewat buku ini, Henry Manampiring ingin menyampaikan bahwa, ketika kamu menghadapi quarter life crisis, tentunya emosi tidak bisa dikendalikan. Namun, kamu bisa belajar untuk mengendalikan emosi melalui filosofi Stoa (kini dikenal filosofi teras).

Buku ini menjadi salah satu rekomendasi, untuk membantu kamu yang sedang menghadapi quarter life crisis melalui pembentukan mental yang tangguh.

2. Adulthood is A Myth (Sarah Andersen)

Jika membaca buku tentang motivasi diri dirasa monoton, komik Adulthood is A Myth ini bisa menjadi salah satu alternatif kamu. Dalam komik ini sang komikus menceritakan dinamika dan kejadian yang umum terjadi sehari-hari, ia mengajarkan bahwa proses untuk ‘dewasa’ itu sangat lucu.

Komik ini dipenuhi oleh gambar lucu dan percakapan yang sangat relate dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika Sahabat Muslimah tengah dilanda kegalauan dan butuh hiburan, komik ini cocok untuk menemani waktu luang kamu.

3. Don’t Worry, It Gets Worse (Alida Nugent)

Dalam buku ini, sang penulis menggambarkan yang sesungguhnya terjadi dalam kehidupan quarter life crisis. Buku ini juga menyajikan kumpulan narasi inspiratif yang berusaha menampar pembacanya bahwa kehidupan yang baik akan datang, jika kita terus berusaha.

Buku ini bisa menjadi salah satu altenatif kamu, karena mengisahkan pengalaman penulisnya saat melanjutkan pendidikannya ke jenjang Master (S2). Tuntutan untuk menjadi dewasa dan prosesnya memang bukan lah hal yang mudah. Meski demikian, sang penulis ingin menyampaikan bahwa setiap masalah dan krisis itu bisa kita lewati.

4. I am My Own Home (Isyana Artharini)

I am My Own, buku yang menceritakan bagaimana seorang perempuan berumur 30-an yang mandiri dan belum menikah di kehidupan sosial. Buku ini tak boleh kamu lewatkan nih Sahabat Muslimah, terkhusus bagi kamu seorang perempuan single dan mandiri.

Dalam buku ini banyak hal yang berkaitan dengan kehidupan kita, tentu saja buku ini bisa memberi masukan tentang bagaimana menghadapi fase quarter life crisis, terutama dari sisi perempuan. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mampu membuat pembaca merasakan hal yang sama dengan sang penulis.

5. Letters from a Stoic (Seneca)

Sahabat Muslimah, jika kamu sudah membaca buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring dan ingin tahu lebih banyak tentang filosofi Stoa, buku Letters from a Stoic bisa menjadi bahan bacaan kamu selanjutnya. 

Dalam buku ini, penulis mengisahkan tentang hal-hal umum yang terjadi di kehidupan, seperti kesuksesan, kegagalan, kekayaan, kehilangan, suka, duka dan beberapa kondisi lainnya. Pada dasarnya, kejadian-kejadian tersebut tak akan mempengaruhi hidup kita lho Sahabat Muslimah, jika kita bisa mengontrol pikiran dan tindakan atas kejadian tersebut.

Nah, itu dia 5 rekomendasi buku untuk kamu yang sedang dalam fase quarter life crisis. Ingat, fase ini sangat wajar terjadi ya Sahabat Muslimah, meski merupakan masa yang sulit, tapi kamu harus yakin bahwa semua itu dapat dilalui jika kamu mau berusaha. Selamat membaca!

Last modified on Sabtu, 23 Januari 2021 13:32

Leave a Comment