7 Rekomendasi Novel Islami yang Cocok untuk Mengisi Waktu luang

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, memang pas rasanya jika mengisi waktu luang dengan melakukan hal yang kita sukai. Terlebih dengan kondisi saat ini yang mengharuskan kita untuk tetap di rumah saja. Untuk kamu yang senang membaca, mengisi hari dengan bacaan-bacaan menarik menjadi alternatif untuk mengisi waktu luang.

Muslimahdaily punya rekomendasi buku khusus untuk kamu yang menyukai novel yang bertemakan Islami. Yuk simak 7 rekomendasi novel Islami yang cocok untuk mengisi waktu luangmu:

1. Bidadari Berbisik – Asma Nadia

Sahabat Muslimah, pasti kamu tak asing lagi jika mendengar nama Asma Nadia, kan? Buku Bidadari Berbisik ini merupakan karya terbarunya yang rilis pada Maret tahun 2020 lalu. Novel ini bercerita tentang Ning, yang menyusul adik kembarnya bernama Ayuni yang merantau ke Jakarta.

Berbekal info seadanya, Ning bertekad untuk menyusul sang adik karena sudah lama tidak memberi kabar hingga membuatnya cemas. Dalam perjalanannya, Ning justru terjebak antara keinginan untuk menelusuri jejak lenyapnya sang adik, dan juga kejahatan yang dapat mengancam jiwanya.

2. Kekasih Impian – Wardah Maulina

Sahabat Muslimah, pernahkah kamu mencintai dan mengagumi seseorang? Dari perasaan itu pasti muncul rasa untuk memiliki bukan? Nah, hal inilah yang diceritakan oleh sang penulis saat menulis novel Kekasih Impian. Novel ini menceritakan bagaimana petualangan asmara sang penulis, yakni Wardah Maulina dengan sang suami. Bagaimana ia pertama kali jatuh cinta pada satu unggahan foto di akun Instagram lelaki idamannya, kemudian berlanjut jatuh cinta.

Dengan bantuan doa yang tak pernah putus, Tuhan akhirnya mengabulkan permintaannya dan memberikan jalan hidup yang selama ini dimpikan sang penulis.

3. Tuhan Maha Asyik 2 – Sujiwo Tejo

Melanjutkan kesuksesan Tuhan Maha Asyik jilid pertama, Sujiwo Tejo kembali mengajak pembacanya untuk mengenal lebih dekat dengan Tuhan lewat buku ini, tentunya melalui cerita keseharian yang ringan lewat sisi kehidupan anak-anak.

Sujiwo Tejo menyampaikan makna Tuhan melalui kisah-kisah yang menarik lewat tokoh Christine, Parwati, Dharma, Samin, Kapitayan, Buchori, dan Pangestu yang diimbangi kearifan dari Bu Guru Matematika dan Pak Guru Biologi.

Novel Tuhan Maha Asyik jilid kedua ini, sang penulis meyakinkan kita bahwa agama dan kitab suci dihadirkan Tuhan untuk disejiwai dan disebadani oleh seisi alam. Pembaca akan merasa ‘diceramahi’, meski tidak seperti doktrin-doktrin yang sering diberikan kepada ceramah agama kebanyakan.

4. Hafalan Shalat Delisa – Tere Liye

Siapa yang kenal dengan penulis Tere Liye yang telah menghadirkan berbagai macam novel dengan cerita yang menarik. Karya Tere Liye yang satu ini sangat cocok untuk dibaca oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun remaja bahkan orang tua sekalipun. Pesan yang tersirat dalam novel ini memberikan inspirasi bagi para pembacanya.

Dalam novel ini, sang penulis menggambarkan perihnya kehidupan seorang gadis kecil tokoh utama yang bernama Delisa yang saat itu sedang khusyuk menjalani ujian shalat, dan tiba-tiba terjadi gempa dan tsunami yang mengakibatkan ummi dan kakaknya meninggal dunia. Sebuah cerita yang mengaduk perasaan pembaca, novel ini memiliki banyak peminat. Hafalan Shalat Delisa ini juga sudah diangkat ke dalam layar lebar.

5. Hijab for Sisters – Anastasha Hardi

Hijab for Sisters karya Anastasha Hardi, mengisahkan tentang para santri di pondok pesantren. Tokoh utamanya bernama Asha yang memiliki karakter rajin, pintar dan baik hati serta sangat ingin menggapai cita-citanya untuk mendapatkan beasiswa. Novel ini tentang kehidupan remaja yang diberi nilai-nilai agama.

Melalui novel ini, Sahabat Muslimah bisa melihat bagaimana pandangan Islam dalam membantu umat manusia dalam memecahkan masalah, terutama masalah yang dialami oleh remaja kebanyakan. Meski konfliknya cukup sederhana, ini termasuk novel islami yang ringan untuk dibaca Sahabat Muslimah.

6. Langkah Kaki – Shineeminka

Untuk kamu pembaca setia Wattpad pasti sudah familiar dengan Langkah Kaki dari Shineeminka ini. Pada Maret 2020 lalu, tulisan ini akhirnya rilis menjadi sebuah novel yang dibukukan. Novel ini bercerita tentang kehidupan pernikahan yang ternyata tidak semanis yang dibayangkan. Tidak hanya berisi kisah bahagia, terkadang pernikahan juga memiliki kisah yang membuat hati masing-masing insan menjadi ragu. Novel yang cukup ringan untuk mengisi waktu luang kamu.

7. Di Atas Sajadah Cinta – Habiburrahman El Shirazy

Novel yang pertama kali terbit pada tahun 2006 ini merupakan salah satu karya best seller Habiburrahman El Shirazy. Meski sudah cukup lama, hingga saat ini novelnya masih sangat populer dan laris di pasaran.

Di Atas Sajadah Cinta terdiri atas 38 cerita teladan Islami yang terinspirasi dari kisah nyata. Kisahnya terinspirasi dari sahabat-sahabat sang penulis, serta kisah-kisah yang bernilai Al Qur’an dan As-sunnah dalam bahasa fiksi. Di Atas Sajadah Cinta adalah salah satu karya yang dapat membawa ketentraman jiwa dan memudahkan pembaca untuk mengamalkan ajaran Islam.

Nah, Sahabat Muslimah sudah tahu kan rekomendasi novel Islami yang dapat kamu baca untuk mengisi waktu luang?

Leave a Comment