7 Rekomendasi Buku Cerita Islami yang Cocok Dibaca Bersama Si Kecil

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, mengenalkan Islam kepada anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan membaca buku. Kamu bisa, lho menemani proses belajar si kecil dengan membaca buku bersama. Namun, sayangnya tak semua anak suka baca buku karena anak akan cenderung bosan.

Tapi, kamu tak perlu khawatir, nih Sahabat Muslimah. Ada beberapa rekomendasi buku yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk bahan bacaan si kecil. Mau tahu apa saja? Yuk simak rekomendasi buku yang Muslimahdaily rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Kisah 25 Nabi dan Rasul (Iwok Abqary)

Sahabat Muslimah, jika kamu mulai mengenalkan kisah Nabi dan Rasul pada anak, mungkin ada banyak sekali buku kisah Nabi dan Rasul yang umumnya tersedua di toko buku. Tapi untuk buku yang satu ini berbeda dari buku kisah pada umumnya.

Kisah-kisah dalam buku ini disampaikan melalui bait-baik berima dan pilihan kata-kata yang mudah dipahami. Tak lupa juga, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang lucu sehingga cocok untuk dijadikan bahan ajaran bagi orang tua maupun pendidik.

2. 114 Al-Quran Stories (Vanda Arie)

Sahabat Muslimah ingin menjadikan Al Qur'an sahabat terbaik si kecil? Kalau iya, kamu bisa mulai dari buku yang satu ini. Sang penulis menghadirkan 114 cerita yang diambil dari setiap surat dalam Al Qur'an. Menariknya dari buku ini juga dibuat urut seperti Al Qur'an. Diawali dengan surat Al Fatihah, hingga surat ke-114 surat An-Nas.

Dengan membaca buku ini, anak tidak hanya mengetahui nama-nama surat dalam Al Quran saja, melainkan si kecil juga bisa sekaligus mengambil pelajaran dari cerita-cerita yang penuh kebaikan di dalamnya.

3. Asmaul Husna di Hatiku (M Faizi)

Nah untuk kamu yang mulai mengenalkan Asmaul Husna kepada anak, buku ini bisa jadi rekomendasi kamu nih. Pasalnya, terdapat riwayat yang menyatakan bahwa Allah Ta'ala akan memperhatikan permintaan hamba yang menyebut-Nya dengan sebutan Asmaul Husna.

Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi menarik dengan penuh warna. Oleh karena itu si kecil juga bisa jadi lebih semangat menghafalkan Asmaul Husna. Sang penulis juga memberikan penjelasan maknanya agar mudah dipahami si kecil.

4. Seri Al-Quran Menakjubkan – Hewan dan Bumi (DK Wardhani)

Seperti yang kita tahu, ada banyak ayat tentang sains di dalam Al Qur'an. Lewat buku ini, sang penulis mengajak anak-anak untuk mengenal ayat-ayat tersebut dan memahami bahwa apa yang Allah Ta'ala bentangkan di alam semesta ini, sesuai dengan apa yang Allah firmankan dalam kitab suci-Nya.

Buku ini juga terdapat halaman aktivitas yang seru untuk si kecil. Mulai dari menjodohkan gambar, mencari kata, sampai teka-teki silang. Kamu juga bisa sambil mendampingi si kecil, nih.

5. Ceria Ramadhan di 5 Benua (Wulan M. Pratiwi dkk)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa. Lewat buku ini, sang penulis menyuguhkan suasana Ramadhan dan tantangan berpuasa di negara-negara lain, terutama yang letak geografis dan budayanya sangat jauh dari kita, khususnya Indonesia.

Si kecil akan diajak berkeliling dunia dan mencari tahu tradisi unik di setiap negara, lama waktu puasa serta makanan khas yang biasa disajikan saat berbuka puasa di tiap negara.

6. Seri Kosa Kata Quran – Siapakah Allah? (Amalia Kartika Sari)

Sahabat Muslimah, dalam kehidupan sehari-hari si kecil mungkin sering mendengar kamu menyebut nama Allah. Tapi apakah si kecil mengerti siapakah Allah? Anak perlu tahu dan mengenal Allah Rabb alam semestaa, sang Maha Pencipta yang memelihara dan memberi petunjuk bagi kita semua melalui Al Quran. Lewat buku ini, anak tidak hanya mengenal Allah saja, sang penulis juga mengajak anak-anak untuk mengenal kata-kata berbahasa Arab yang ada di dalam Al Qur'an.

7. Seri Halo Balita Sali Saliha – Aku Suka Tersenyum (Nizar)

Seperti yang kita tahu bahwa senyum adalah ibadah. Kamu bisa mengajarkan si kecil hal ini sejak dini. Nah, lewat buku ini sang penulis menghadirkan kata-kata yang sederhana sehingga mudah dipahami si kecil. Tak hanya itu saja, buku ini juga memiliki ilustrasi yang lucu dan penuh warna. Sang penulis juga mengajak si kecil untuk tersenyum pada siapa saja dan dimana saja, termasuk pada mereka yang berbeda suku maupun agama.

Sahabat Muslimah, itu tadi beberapa rekomendasi buku Islam yang cocok untuk mengisi waktu luang si kecil. Selamat membaca!