Dilanda Patah Hati? Kamu Wajib Baca Deretan Buku Berikut Ini

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, semua orang pasti pernah mengalami patah hati. Entah karena putus hubungan dengan seseorang atau karena dilanda rasa kecewa dan lain sebagainya. Sebagai manusia biasa yang memiliki perasaan sangat wajar jika kamu mengalami patah hati.

Patah hati memang wajar, namun jika terus berlarut dalam perasaan tersebut juga tak baik, lho Sahabat Muslimah. Untuk itu, kamu harus segera bangkit dari rasa sakit yang berlarut-larut. Ada berbagai cara untuk mengatasi patah hati, salah satunya dengan membaca buku. Di samping dapat mengurangi sedikit rasa sedih, membaca dapat menolong kamu melepas stres, cemas, dan mampu membuka pikiranmu lebih luas lagi. 

Kali ini Muslimahdaily bawakan sederet buku yang dapat sedikit mengatasi patah hati. Nah, penasaran apa saja sih deretan buku yang wajib kamu baca saat tengah patah hati. Yuk simak ulasan berikut ini!

1. Phenomenal Woman - Maya Angelou

Buku karya dari Maya Angelou ini merupakan sekumpulan sajak yang bisa mengingatkan kamu tentang keindahan dan kekuatan kamu sebagai seorang perempuan. Kata-kata Maya bisa mengangkat dan memberdayakan perasaan kamu nih Sahabat Muslimah. buku ini sangat direkomendasikan ke semua perempuan, apapun kondisi patah hati yang sedang dirasakan.

2. Girl, Wash Your Face – Rachel Hollis

Tak melulu soal patah hati, buku ‘Girl, Wash Your Face’ ini akan membuat kamu mengevaluasi kembali berbagai aspek dalam kehidupan personalmu, yang mungkin saja punya peranan dan keterlibatan dalam berakhirnya hubungan asmara mu. Sang penulis juga mengemukakan banyak hal yang relevan dihadapi oleh para perempuan muda. Nah, buku ini cocok untuk kamu yang ingin lebih mengenal diri serta meningkatkan kualitas diri.

3. Hujan Bulan Juni - Sapardi Djoko Damono

Siapa yang tak mengenal mendiang sastrawan kebanggan Indonesia, Sapardi Djoko Damono. Belaiu berhasil melahirkan karya-karya ikonis salah satunya adalah Novel ‘Hujan Bulan Juni’. Novel ini mengisahkan tentang semua upaya dan perjuangan seseorang untuk jalinan cinta, saat hubungan itu harus dilepaskan. Buku yang identik dengan sajak khas Sapardi dapat membawa kita mengarungi perjalanan kehidupan para karakter dalam buku tersebut.

4. All About Love - Bell Hooks

Jika Sahabat Muslimah butuh nasehat soal cinta, buku ini mungkin adalah jawabannya. 'All About Love' berisikan banyak nasihat tentang cinta, seperti salah satu nasihat klasik tentang kita akan menemukan cinta saat kita berhasil membuka diri sendiri. Sang penulis mengajarkan kamu untuk fokus dan mengembangkan diri sendiri setelah melalui hubungan yang putus, daripada langsung memulai hubungan dengan orang baru. Buku ini akan membantu kamu menemukan hal yang benar-benar ingin kamu lakukan untuk hidupmu.

5. The Missing Piece - Shel Silverstein

Rekomendasi buku selanjutnya adalah ‘The Missing Piece’. Buku ini layak dibaca oleh semua orang yang dilanda patah hati. Karena kamu akan diingatkan lagi tentang hubungan yang nyata itu adalah dimulai dari mencintai diri sendiri. Pasalnya, pasangan yang sejati akan hadir saat keduanya sama-sama saling menghormati dan mencintai satu sama lain tanpa mengubah diri masing-masing.

6. Garis Waktu: Sebuah Perjalanan Menghapus Luka – Fiersa Besari

Buku selanjutnya datang dari penulis sekaligus penyanyi tanah air yaitu Fiersa Besari. Karya keduanya ini Fiersa mengajak pembaca untuk merasakan jatuh cinta, menanti, dan patah hati di antara tokoh “aku” dengan “kamu” yang dibawakan oleh sang penulis. Pembaca akan merasa mengurai kisah diary diri sendiri karena penulis menggunakan penokohan “aku” di dalamnya. Selain itu, buku ini juga mengajarkan pada kita tentang keikhlasan dan mengajak untuk bangkit dari keterpurukan, misalnya saat sedang patah hati.

7. Catatan Juang – Fiersa Besari

Karya selanjutnya dari Fiersa Besari adalah ‘Catatan Juang’. Buku yang satu ini patut disebut sebagai buku motivasi. Dalam buku ini dikisahkan Suar adalah seorang yang bermimpi untuk menjadi seorang sineas, namun sayang ia harus terjebak menjadi sales asuransi di sebuah bank karena ayahnya jatuh sakit. Ia pun harus menjadi tulang punggung keluarganya. Suatu ketika, ia menemukan sebuah buku berwarna merah, berjudul ‘Catatan Juang’. Berniat untuk mencari siapa pemiliknya, ia justru terlarut dengan kisah di dalamnya. Baginya buku tersebut seperti mantra penenang.

Sahabat Muslimah, itu tadi deretan buku yang wajib kamu baca saat dilanda patah hati. Gimana nih sudah siap untuk move on?

Leave a Comment