5 Buku yang Bisa Jadi Penenang saat Kamu Merasa Tidak Baik-Baik Saja

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah Ta'ala yang paling sempurna dibandingkan makhluk lainnya. Meskipun begitu, hal ini tidak membuat manusia lantas merasa bahagia terus-menerus. Adakalanya kita merasa sedih atau kalangan muda lebih suka menyebutnya “Merasa tidak baik-baik saja”. Tentu, kita boleh merasa tidak baik-baik saja.

Namun, bila kita terus begitu, perlahan kita akan melupakan hal-hal menyenangkan di sekitar yang seharusnya menjadi penenang.

Tenang, kamu tidak perlu kebingungan mencari judul buku karena Muslimahdaily punya rekomendasi 5 buku yang bisa jadi penenang saat kamu merasa tidak baik-baik saja. Yuk, ikuti ulasannya sebagai berikut.

1. Rahasia Magnet Energi – Nasrullah

Buku 'Rahasia Magnet Energi' sudah pernah mendapat predikat best seller nomor satu di Gramedia, tahun 2019. Kata-kata motivasi dari buku ini mampu menyadarkan kita, bahwa segala hal merupakan “energi.” Sejatinya dalam diri seseorang terkumpul banyak energi baik yang merupakan magnet untuk menarik rezeki.

Namun, sebagian besar orang belum bisa mengelola energi baik dalam dirinya. Nah, Rahasia Magnet Rezeki akan menjadi jawaban untuk membenahi energi dalam diri kamu, Sahabat Muslimah.

2. Duduk Dulu – Syahid Muhammad

Kamu pasti pernah berekspektasi berlebihan pada kehidupan? Dan akhirnya terjatuh karena kehidupan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Yuk, tarik napas dan duduk dulu.

Buku 'Duduk Dulu' karya Syahid Muhammad, bisa menjadi penenang bahkan pengingat bahwa tidak semua hal harus dikejar secara terburu-buru.

Melalui buku ini, kamu diajak untuk bercerita pelan-pelan bersama sudut pandang sang penulis, hal ini merupakan alternatif bagi kamu yang memang membutuhkan bantuan psikologis berupa self-healing.

3. Tumbuh dari Luka – Indra Sugiarto

Apapun masalah yang kamu hadapi, berhentilah untuk berpikir bahwa kamu tidak bisa. Ya, kamu bisa, kamu harus tumbuh sama halnya seperti buku yang berjudul 'Tumbuh dari Luka' karya Indra Sugiarto.

Kata-kata dari buku ini ringan, tak berlebihan dan apa adanya sehingga sangat cocok untuk Sahabat Muslimah yang sedang merasa tidak baik-baik saja. Salah satu sudut pandang yang menarik dari buku ini adalah “Kamu tidak punya kuasa atas luka yang akan datang padamu. Tapi, kamu punya kuasa untuk memilih tumbuh atau hancur dari luka itu.”

Nah, Sahabat Muslimah pastinya memilih untuk terus tumbuh, kan? Baca buku ini, meskipun kamu tahu bahwa ikhlas bukan perkara yang mudah.

4. Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik Saja – Alvi Syahrin

Buku berjudul Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik Saja yang ditulis oleh Alvi Syahrin sangat pas dengan kamu yang sedang merasa tidak baik-baik saja. Mengapa? Buku ini memberikan materi untuk memahami arti penderitaan.

Kita sama-sama memiliki beban atas segala permasalahan yang kita lalui dan ini bukan seharusnya menjadi bahan perbandingan.

Buku ini bisa diibaratkan sebagai ajakan untuk saling memahami apa masalah yang sedang kita hadapi. Kuat bersama, bangkit bersama.

5. What’s so wrong about your life – Ardhi Mohammad

Sahabat Muslimah, what’s so wrong about your life? Nah itu merupakan judul buku karya Ardhi Mohammad. Terdapat pembahasan yang luas mengenai permasalahan apa saja yang sering kita temui baik itu tentang cinta, sosial media, kepribadian dan masih banyak lagi.

Nuansa religius juga ada di dalamnya dengan potongan-potongan ayat suci Al Qur'an sebagai contoh dan pengingat yang semakin menguatkan isi buku. Buku ini cocok untuk kamu generasi muda, yang sering merasa tidak baik-baik saja karena hal-hal yang diyakini, padahal belum tentu kebenarannya.

Baca buku ini agar kamu paham apa yang salah, lalu memperbaiki dan menjalani hari-harimu dengan arti dan makna hidup yang sebenarnya.