Sering Demam Panggung? 5 Rekomendasi Buku Ini Bisa Tingkatkan Skill Berbicara

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat, pernahkah kamu tampil di atas panggung untuk menyampaikan beberapa pesan namun malah nge-blank? Memang berbicara terlihat mudah, beda halnya ketika berbicara di hadapan banyak orang yang nyatanya sulit dilakukan.

Sebetulnya keterampilan dalam berbicara suatu hal yang penting guna menunjang peluang karir. Sebab, public speaking menjadi salah satu skill yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang punya jabatan tinggi di suatu instansi maupun perusahaan. Enggak hanya itu aja, seperti ketua OSIS di sekolah atau ketua BEM fakultas kamu pasti memiliki skill public speaking yang cukup baik bukan?

Buat kamu yang ingin terus mendalami skill ini, enggak perlu khawatir. Muslimahdaily punya rekomendasi buku yang bisa kamu jadikan acuan untuk terus berlatih dan belajar.

1. Bicara Itu Ada Seninya – Oh Su Hyang

Buku karya Oh Su Hyang menerangkan bahwa bicara itu mudah, hanya saja perlu ditambahkan seni agar dapat mengambil hati para pendengarnya. Dalam buku ini dijelaskan cara meningkatkan kemampuan berbicara melalui teknik komunikasi, persuasi, dan negosiasi sehingga pesan dapat diterima antarkedua belah pihak. Oh Su Hyang juga mengupas tuntas mengenai artikulasi, intonasi, dan diksi kalimat yang dapat diterapkan saat berbicara.

Menurutnya, karir orang yang pandai berbicara akan lebih sukses dibandingkan yang lain. Tiap lembaran buku ini akan terus menambah rasa percaya diri kamu. Siap-siap dibikin candu sama buku karya pakar komunikasi asal Korea Selatan ini, ya.

2. My Public Speaking – Hilbram Dunar

Buku 'My Public Speaking' ialah berisi perjalanan karir Hilbram Dunar sebagai Public Speaker. Berawal dari seorang penyiar radio di MS Tri FM yang kemudian membawa Hilbram menjadi seorang Penyiar terkenal di sejumlah radio ternama di Indonesia. Hilbram juga turut menjadi host di beberapa acara stasiun televisi swasta.

Buku ini memberikan kiat-kiat untuk bisa memiliki kemampuan berbicara yang tepat. Hilbram juga menuangkan tips cara mengatur rasa canggung, mengenali karakter audience, dan lainnya. Sebagai bonusnya, buku karya Hilbram membongkar rahasia teknik menjadi pembawa acara radio, televisi maupun MC.

3. Tip & Trik Public Speaking – Surya Fazar

Dalam buku ini Surya Fazar akan membuka pandangan kamu bahwa terdapat banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk berbicara di depan banyak orang dengan baik. Surya memberikan tip dan trik dari mulai persiapan sebelum mulai acara, menjaga kepercayaan diri kamu dan rasa antusianisme audience. Buku berlapis cover warna biru ini juga akan membeberkan cara melakukan ice breaking yang bisa bikin suasana kembali kondusif.

4. Public Relations Itu “Dipraktekkin” – Tim Westfix

Keterampilan berbicara tentu berkaitan erat dengan public relation. Selain mengajarkan bagaimana menyampaikan pesan saat di hadapan publik, buku ini juga turut membantu kita mengetahui siapa dan seperti apa karakter audience kita.

Buku karya Tim Westfix ini sangat ringan dibaca karena tiap kalimatnya mudah dipahami, singkat, dan jelas. Tiap warna warni halaman buku tersebut akan bikin kamu paham makna punya ilmu tapi enggak dipraktekkan. Sungguh disayangkan bukan?

5. The Power Of Public Speaking – Charles Bonar Sirait dan Bunga Sirait

Host papan atas Charles Bonar Sirait menuangkan cara menjadi public speaker yang baik dalam buku ini. Buku yang terbit pada tahun 2016 juga turut menceritakan kesalahan-kesalahan yang pernah Charles perbuat. Penulis memberikan ilmu tentang sikap yang perlu dihindari ketika berbicara di depan umum.

Itulah 5 rekomendasi buku yang bisa kamu jadikan referensi untuk memacu semangat terus memperdalam ilmu public speaking. Jadi, mau baca buku yang mana dulu nih?