Sulit Memaafkan Diri Sendiri? Coba Baca 5 Rekomendasi Buku Ini

ilustrasi ilustrasi

Muslimahadaily - Kehidupan tak pernah lepas dari kesalahan, baik yang diperbuat oleh orang lain maupun diri sendiri. Sementara meminta maaf dan memaafkan sering kali disebut sebagai salah satu hal yang sulit dilakukan. 

Daripada itu, yang paling utama adalah memaafkan diri sendiri terlebih dahulu. Memaafkan diri sendiri itu sebenarnya sangatlah penting untuk kedamaian jiwa dan raga yang lebih baik. Bahkan dengan memaafkan ini justru bisa menunjukkan kekuatan yang amat berharga bagi dirimu sendiri.

Sikap tersebut sebagai bentuk kelapangan hati untuk menerima segala hal apa yang sudah terjadi dan terus melanjutkan hidup tanpa teringat masa lalu yang kelam. Because life must go on, keep moving forward!

Memang sih ya, memaafkan diri sendiri bukanlah hal mudah sebagaimana membalikkan telapak tangan. Semua itu pasti membutuhkan waktu, tenaga, dan proses yang cukup ekstra untuk berdamai dengan diri sendiri.

Lantas, kira-kira buku apa saja ya yang bisa membantu kita untuk mudah memaafkan diri sendiri? Simak berikut ini 5 rekomendasi buku bacaan yang terkait dengan hal tersebut.

1. Cara Mudah Berdamai Dengan Diri Sendiri – Amar Maulana

Buku ini memotivasi kita untuk mudah memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu. Buku berwarna putih ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik sehingga kamu dapat memperoleh kebahagiaan yang layak dalam menjalani kehidupan. Dalam kutipannya, Amar menuliskan, "Karena bahagia kita yang menentukan."

2. Berdamai Dengan Diri Sendiri – Muthia Sayekti

Buku karangan Muthia akan mengajak pembaca untuk senantiasa bersyukur atas apa yang telah diberikan Tuhan. Buku yang diterbitkan tahun 2017 ini akan memberikan jawaban atas pertanyaan besar terkait dengan identitas dirimu. Selain itu, buku berjudul "Berdamai Dengan Diri Sendiri" memberi tips cara untuk menjadi pribadi yang otentik.

3. Seni Memaafkan – Brian Adam

Orang yang sakit hati dan belum mampu berdamai dengan diri sendiri sangatlah sulit dalam persoalan memaafkan. Dengan sikap memaafkan tersebut, mereka harus menerima atas kesalahan yang dialaminya. Sebetulnya, berdamai ini akan membuat jiwa lebih tenang dan damai.

Buku ini akan membantu kamu akan bagaimana cara untuk menjadi pribadi yang senantiasa kuat dengan memaafkan. Makanya, buku ini cocok banget buat kamu yang masih galau akan memaafkan diri sendiri.

4. Memahami Diri Sendiri – Sofia Alvirzhie

Awal mula dari memaafkan diri sendiri yakni dengan mengenal siapa diri kita sebenarnya. Buku karya Sofia ini akan mengajak pembaca untuk dekat dan kenal dengan dirinya sendiri. Kemudian, kita akan tahu nih apa saja yang membentuk diri kita sampai menjadi pribadi yang sekarang. Sehingga kita bisa bangga akan potensi yang dimiliki dan berkeinginan untuk terus menggalinya.

5. Seni Berdamai Dengan Diri Sendiri – Claudia Sabrina

Buku yang dituliskan Claudia akan menuntun pembaca untuk senantiasa mencintai, menghargai, dan menerima diri sendiri apa adanya. Dalam sinopsisnya pun tertuang, kita harus bisa bersahabat dengan kekurangan yang dimiliki. Karena hakikatnya, tiap orang diberikan anugerah yang berbeda-beda dan kita patut mensyukurinya.

Berdamai dengan diri sendiri merupakan cara untuk mencapai kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup. Dengan demikian, tidak akan ada permasalahan batin yang bisa membuat dirimu tertekan.

Itulah beberapa rekomendasi buku yang bisa kamu pilih untuk dibaca supaya mudah berdamai dengan diri sendiri. Kamu mau baca buku yang mana dulu nih, Sahabat Muslimah?