Resensi “Tentang Kamu” Karya Tere Liye; Bersiaplah Menguras Air Mata

Tentang Kamu, Novel karya Tere Liye Tentang Kamu, Novel karya Tere Liye

Muslimahdaily - Tere Liye memang sangat jenius dalam mengaduk perasaan para pembaca setiap novelnya. Di karya terbarunya kali ini, “Tentang Kamu”, ia pun mampu membuat air mata pembaca tumpah ruah tak tersisa.

Novel “Tentang kamu” sedikit berbeda dari karya Tere Liye yang jumlahnya hingga angka puluhan. Di tajuk kali ini, sang penulis produktif ini pertama kalinya membuat setting cerita di luar negeri. Meski berlatar di kota London dan Paris, novel ini tetap mengisahkan sang tokoh utama di dalam negeri, yakni di ibu kota Jakarta, Surakarta dan Sumbawa.

Satu hal lain yang juga baru dilakukan Tere Liye dalam novel kali ini, yakni penggunaan bahasa dialek setempat. Padahal sang novelis yang juga berprofesi sebagai akuntan ini selalu menggunakan bahasa Indonesia meski mengambil setting di daerah. Sebut saja novel "Hafalan Shalat Delisa” yang berlatar di Kota Aceh, serta “Rindu” di Kota Makassar. Keduanya tetap menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan antar tokohnya.

Adapun alur kisah, berawal dari seorang pria asal Indonesia bernama Zaman Zulkarnaen yang tinggal di Inggris. Ia merupakan mahasiswa Universitas Oxford dan bekerja sebagai junior associate di sebuah firma hukum ternama di Belgrave Square, Kota London. 

Suatu hari, ia ditugaskan menangani sebuah kasus yang menjanjikan peningkatan kariernya menjadi pengacara. Namun kasus tersebut ternyata sangat berat dan membutuhkan perjuangan sekaligus pengorbanan. 

Kasus yang ditangani Zaman tersebut merupakan penyelesaian harta waris seorang wanita warga negara Inggris yang kaya raya. Jumlah harta yang diwariskannya begitu melimpah hingga setara harta Ratu Inggris. 

Ada tiga hal yang membuat kasus tersebut sangat berat. Pertama, sang wanita menghembuskan nafas terakhir di panti Jompo Kota Paris, Perancis. Kedua, ia tak meninggalkan selembar pun surat wasiat kecuali hanya buku diary kisah perjalanan hidupnya. Ketiga, wanita tersebut bukan lah kelahiran Inggris melainkan seorang Jawa asli Indonesia. Wanita itu bernama Sri Ningsih.

Kisah inti novel “Tentang Kamu” ini ternyata menceritakan kehidupan Sri Ningsih. Sosok Zaman hadir sebagai pengantar pembaca menelisik kehidupan Sri karena dalam kisah, dia lah yang kemudian menelusuri setiap catatan diary wanita tersebut. 

Pindah dari satu kota ke kota lain, dari negara satu ke negara lain, Zaman mengikuti jejak kehidupan Sri demi menemukan kerabat yang akan mewarisi kekayaan yang melimpah. Namun tentu hal itu tidaklah mudah. Pasalnya, Zaman harus menelusuri ruang dan waktu untuk menemukan rangkaian kehidupan kliennya.

Kisah Sri pula ternyata memiliki banyak kejutan yang sangat menarik. Kisahnyalah yang mampu mengaduk-aduk perasaan pembaca hingga menumpahkan semua air mata yang ada. Kisah yang berawal dari buku diary, namun ternyata mencakup setiap relung kehidupan Sri semenjak lahir di Sumbawa hingga meninggal seorang diri di Paris. 

Bagaimana kisah persahabatannya yang dipenuhi kedengkian dan pengkhianatan teman, kisah cinta yang amat sangat melankolis, hingga kisah perjuangannya mendirikan usaha satu ke usaha lain dengan penuh peluh. Setiap alurnya dibawakan penulis dengan sangat mengalir hingga pembaca akan hanyut dalam segala rasa yang ada di hati Sri.

Selain kisahnya yang menarik, novel ini pula memiliki kelebihan lain dalam hal kutipan. Tak sedikit kata-kata mutiara menyentuh hati yang dituangkan Tere Liye dalam novel kali ini. Salah satu contohnya, "Karena dicintai begitu dalam oleh orang lain akan memberikan kekuatan, sementara mencintai orang lain dengan sungguh-sungguh akan memberikan kita keberanian.”

Mungkin hanya satu kekurangan dalam novel, yakni pengisahan sosok Zaman yang terlalu minim diungkap. Bagaimanapun juga, Zaman merupakan sosok brilian yang mampu menarik perhatian pembaca tanpa mengalihkan fokus kisah kehidupan Sri.

Meski demikian, hal tersebut tak mengurangi harga kecakapan penulisan novel “Tentang Kamu”. Novel ini pula tak mengenal gender ataupun usia pembaca, karena semua kalangan sangat cocok membacanya. Bagaimana, tertarik membaca?

Judul: Tentang Kamu

Penulis: Tere Liye

Penerbit: Republika Penerbit

Waktu terbit: November 2016

Tebal: 530 halaman (13,5 x 20.5 cm).

Last modified on Rabu, 23 November 2016 07:16

1 comment

  • Comment Link Kreta Amura Kreta Amura Sabtu, 05 Oktober 2019 11:42

    Tere Liye memang selalu menjadi penulis favorit saya. Lewat novel yang berjudul tentang kamu ini, kita disuguhkan oleh kisah hidup ningsih yang menurut saya penuh perjuangan, kisah tragis dan sedih, yang mana sangat layak untuk dijadikan sebagai tauladan. Aku suka banget sama novel ini, huhuhuh

    Report

Leave a Comment