Walaupun Tak Mengajar, 5 Selebriti Ini Sangat Peduli dengan Dunia Pendidikan di Indonesia

By November 25, 2019 0
Yuni Shara Yuni Shara ( Foto: Instagram/cahayapermataabadi )

Muslimahdaily - Pendidikan merupakan suatu hal penting dalam kehidupan, khususnya untuk membangun kehidupan bangsa. Dengan menempuh pendidikan, maka bangsa kita akan memiliki karakter yang kuat dan mampu bersaing dengan dunia. Namun, suksesnya pendidikan tak luput dari peran seorang guru, yang rela mengorbankan ilmu tenaga bahkan jiwa raganya untuk mencetak generasi penerus bangsa.

Tak hanya kalangan orang biasa, ternyata peran ini mampu menarik hati beberapa artis wanita di Indonesia. Meskipun tak semuanya mengajar, mereka memiliki semangat jiwa besar. Berkontribusi dalam hal apapun semampu yang mereka bisa lakukan untuk mencerdaskan bangsa.

1. Oki Setiana Dewi

Seorang artis, penulis dan daiyah ini memang sangat concern dengan bidang pendidikan, khususnya pendidikan Al Qur’an. salah satu mimpinya yang saat ini sudah terwujud adalah membangun rumah tahfidz qur’an bagi anak-anak yang kurang mampu. Yayasan sosial tersebut menyediakan tempat tinggal dan pendidikan gratis  bagi muslimah dhuafa berusia 15-22 tahun se-Indonesia selama 1 tahun untuk menghafal al-qur’an dan kembali mengajarkannya.

Maskanul Huffadz (tempat yang tenang untuk menghafal Al Qur’an) nama yang ia berikan untuk sekolah tahfidz milik OSD. Saat ini MK sudah memiliki 4 cabang di Indonesia dan akan terus bertambah. Oki berharap dengan adanya sekolah ini, umat muslim bisa terbebas dari buta huruf Al Qur’an serta melahirkan generasi Qur’ani untuk masa depan. MasyaAllah.

2. Zaskia Adya Mecca

Zaskia ibu dari lima anak ini merasa bahwa telah diberi banyak kenikmatan oleh Allah, ia merasa ini saatnya bagi dia untuk memberikan suatu kontribusi bagi agamanya. Salah satunya adalah membangun Taman Pendidikan Al Qur’an. Saat ini yayasan tersebut bergerak secara online, dengan 60 pengajar dan datang ke rumah-rumah.

Mengutip dari liputan Net Entertainment (25/10/17), Zaskia mengatakan bahwa ia sedang menyiapkan pesantren kilat dan sekolah gratis untuk belajar mengaji bagi anak-anak dengan cara yang menarik. Dengan begitu anak tidak lagi takut membosankan untuk belajar mengaji. Ia berharap untuk bisa terus berkontribusi dalam kebaikan sebagai salah satu wujud rasa syukurnya pada Allah.

3.Cinta Laura Kiehl

Pintar, cantik dan bertalenta, siapa tak kenal wanita ini. Di balik cara berbicaranya yang khas, ternyata Cinta sangat peduli dengan masalah pendidikan di Indonesia. Sejak usia 10 tahun ia sudah ikut andil untuk mengajar bahasa inggris di sekolah Yayasan Soekarseno Peduli.

Bersama ibunya, ia ikut mengelola yayasan tersebut. Berlokasi di Bogor, yayasan ini sudah membangun sekitar 11 sekolah dan lebih dari 4.000 anak-anak yang dibantu untuk bisa mendapatkan fasilitas belajar mengajar secara gratis. Tentunya mimpi gadis blasteran ini belum usai, ia akan terus mengembangkan sekolah lebih banyak lagi dan menebar kebaikan dimanapun dan kapanpun.

4.Dian Sasatrowardoyo

Siapa tak kenal wanita ini, salah satu aktor perempuanyang wajahnya sering muncul dalam layar lebar. Tak hanya cantik dan pintar, ia juga sangat peduli dengan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi para perempuan. Hal itu yang melatarbelakangi berdirinya Yayasan Dian Sasatrowardoyo. Yayasan ini berfokus pada bidang pendidikan dasar, pemberdayaan perempuan dan budaya Indonesia.

Pada awalnya pembiayaan untuk beasiswa ini masih dilakukan secara pribadi oleh Dian, namun saat ini ia mengajak publik untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana lewat platform Kitabisa.

Mengutip tulisan Dian Sastro pada laman Kitabisa, If you teach a man, you teach a person. But if you teach a woman, you teach a generation.". Kata-kata ini ia sematkan untuk mengkampayekan penggalangan dana untuk beasiswa Dian Sastro.

5. Yuni Shara

Sukses dengan karir bernyanyi dan bisnisnya di tanah air, wanita ini tak lupa dengan tugasnya untuk menebar manfaat di muka bumi. Berawal dari keprihatinannya melihat sekolah yang kurang layak, Yuni Shara memilih untuk membangun sekolah untuk anak-anak yang kurang mampu di kampung halamannya, Batu, Jawa Timur. Sekolah itu diberi nama PAUD Cahaya Permata Abadi.

Pada awalnya ia tidak pernah mempublikasikan hal tersebut, namun akhirnya kabar mencuat ketika ia menceritakan hal tersebut di youtube channel Ussy Andhika Official (4/11/). Sampai saat ini Yuni telah memiliki lebih kurang 100 murid dengan 14 guru bergelar Sarjana PAUD. Ia mengatakan bahwa SPP yang dikenakan oleh murid hanya sebesar Rp.3.500 saja, bahkan jika tidak mampu, orang tua bisa membayarkannya dengan sayuran dan buah-buahan. Unik dan menginspirasi ya.

Last modified on Wednesday, 27 November 2019 09:15

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama