Lawan COVID-19, Rachel Vennya Berhasil Galang Dana Sebesar 1 Miliar

Rachel Vennya Rachel Vennya ( Foto: Instagram/Rachelvennya )

Muslimahdaily - Selebgram Rachel Vennya menggalang dana untuk membantu orang-orang di sektor kesehatan yang bekerja dengan pasien-pasien positif COVID-19. Sejak dibuka di situs donasi Kitabisa pada Kamis (16/3) malam, Rachel mampu mengumpulkan dana sebesar lebih dari Rp 1 miliar dalam waktu 18 jam.

Galang dana ini pertama kali dipublikasikan melalui Instagram Story Rachel, Kamis (16/3) malam tadi. Dalam unggahan tersebut, Rachel mengutarakan rasa khawatirnya terhadap petugas kesehatan yang bekerja di rumah sakit rujukan pasien COVID-19.

“Misalnya, seorang ibu yang jadi perawat atau petugas kesehatan di rumah sakit rujukan, mereka masih harus merawat pasien positif COVID-19. Risiko pekerjaan mereka sangat tinggi demi melindungi kita semua,” tulis ibu dari Xabiru dan Chava ini.

Rachel juga merasa terharu atas pengorban mereka yang masih harus bekerja di tengah-tengah merebaknya virus tersebut.

“Coba bayangin juga orang-orang yang kerja di sektor informal. Contohnya, seorang ibu single parent yang dagang di pasar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka gak bisa kerja dari rumah dan harus tetap mendapatkan penghasilan,” tulisnya pada laman Kitabisa dengan judul Tolong Menolong Lawan COVID-19.

Dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk menyediakan alat-alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik bagi tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan COVID-19. Selain itu, dana juga akan digunakan unutk memberi bantuan kesehatan pagi pekerja sektor informal agar dapat sementara beristirahat di rumah.

Hingga kini, setelah 18 jam dipublikasikan, Rachel mampu mengumpulan dana sebesar lebih dari Rp 1 miliar. Dana ini terkumpul dari 28.442 donatur.

Penggalangan dana bagi petugas kesehatan ini memang bukan pertama kalinya bagi ibu beranak dua ini. Rachel memang dikenal senang menggalang dana untuk orang yang membutuhkan.

Sebelumnya, Rachel bersama teman-teman selebgramnya mengadakan program Charity Sale “Untuk”. Nantinya, mereka akan menjual barang-barang hasil endorsement dan keuntungan yang didapat akan diberikan bagi pasien-pasien di Rumah Teduh.

Rachel sebelumnya juga membuka donasi untuk membantu korban gempa Donggala dan Tsunami di Palu. Saat itu Rachel berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 800 juta.

Jumlah yang sama juga berhasil terkumpul dalam rangka ulang tahun anak pertama Rachel, Xabiru. Total hampir Rp 800 juta diberikan bagi anak-anak di Rumah Harapan Indonesia

Leave a Comment