Disebut Jarang Ganti Baju, Zaskia: Repot Kalau Dihisab

Zaskia Adya Mecca bersama anak-anaknya Zaskia Adya Mecca bersama anak-anaknya ( Foto: Instagram/Zaskiaadyamecca )

Muslimahdaily - Baru-baru ini Zaskia Adya Mecca mendapat komentar kurang mengenakkan dari netizen. Pasalnya, Zaskia dan keempat anaknya kerap kali memakai pakaian yang sama secara berulang-ulang.

Melalui unggahannya di Instagram, Rabu (15/4) lalu, istri Hanung Bramantyo ini menyebutkan alasan di balik anak-anaknya yang jarang gonta-ganti baju. Menurutnya, mempunyai banyak barang yang tak terpakai hanya akan membuat seseorang sulit saat dihisab di akhirat kelak.

“Nahhh ini buat menjawab rasa penasaran sahabat-sahabat ku di IG. Semoga juga sekalian menginspirasi, bahwa budayakan memiliki sesuatu sesuai yang kita butuhkan, bukan inginkan,” tulisnya.

https://www.instagram.com/p/B_AMHCWHh8X/

Wanita berusia 32 tahun ini turut mengutip sebuah hadits yang berisi bahwa manusia kelak akan dimintai pertanggungjawaban mengenai harta dan ilmunya.

“Karena buat ku keinginan itu lebih banyak nafsunya, bikin repot di akhirat kalau nanti dihisab taunya banyak barang yang nggak terpakai, kita wajib mempertanggung jawabkan semua yang kita punya kelak di akhirat,” terang Zaskia.

Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya.” (HR. at-Tirmidzi).

Wanita yang kerap disapa Bia ini pun turut menjelaskan triknya mengakali baju yang tak banyak dengan cara mix and match. Ia juga menerapkan prinsip setiap kali membeli baju baru, maka harus ada baju lain yang diikhlaskan untuk menggantikan baju baru tersebut.

“Jadi caranya ketika ku beli 2 baju baru, langsung keluarin 2 baju lama, begitu juga buat sepatu, tas, jilbab, dll. Jadi nggak pernah yang namanya overload barang,” jujur ibu dari Sybil dan Kala ini.

“Kalo aku caranya sesuatu yang udah nggak dipake lebih dari 3 bulan akan ku keluarin karena ku anggep udah nggak perlu tapi sayang doang, maksain ikhlas pinggirin,” tambahnya.

Artis yang kini menetap sementara di Yogyakarta ini menuturkan rasa senangnya ketika selesai menyortir barang.

“Dan ketika lemari, rak sepatu mulai longgar aku selalu happy rasanya hati jadi ringan... aneh nggak sih, paling seneng kalo abis bongkaran!!!,” tutup Zaskia.

Last modified on Kamis, 16 April 2020 17:16

Leave a Comment