5 Fakta Menarik Seputar Daud Kim, Pria Korea yang Menjadi Mualaf

Daud Kim Daud Kim ( Foto: Instagram/jaehan9192 )

Muslimahdaily - Daud Kim atau Jay Kim dikenal sebagai Youtuber asal negeri ginseng. Tak sedikit warga netizen yang mengenal pria Korea ini. Hal tersebut lantaran ia beberapa kali meng-cover lagu dari penyanyi Indonesia. Selain itu Daud Kim juga mengumumkan status barunya sebagai mualaf beberapa waktu lalu.

Mau tahu lebih lanjut mengenai Daud Kim? Berikut 5 faktanya.

1. Penyanyi

Daud Kim memulai karir di Youtube-nya dengan menyanyi. Ia meng-cover beragam lagu, mulai dari lagu Kpop yang cukup populer hingga lagu Taylor Swift. Tak jarang, Daud Kim juga meng-cover lagu Indonesia, sebut saja Akad, Dia, dan Cukup Tau.

Dirinya tak takut untuk menyanyikan sejumlah lagu dengan bahasa selain bahasa Korea. Bahkan Daud Kim berani menyanyikan lagu religi seperti Salam Alaikum milik Harris J.

2. Youtubers

Daud Kim pertama kali mengunggah videonya di platform Youtube pada Oktober 2014. Konten yang sisuguhkan pun beragam. Selain membuat konten menyanyi, Daud Kim yang dulu bernama Jay Kim juga membuat berbagai konten mengenai kehidupan sehari-harinya di Korea.

Kini, setelah lebih dari 6 tahun berkarir, jumlah subscribers Daud Kim sudah lebih dari 2 juta, lho.

3. Tertarik dengan Islam

Islam dalam pandangan Daum Kim dahulu adalah sesuatu yang menakutkan. Bukan tak mungkin bila pendapatnya ini juga turut dipengaruhi oleh framing Islam sebagai agama yang menyeramkan.

Suatu hari, Daud Kim diundang ke Indonesia untuk menjadi bintang tamu di Korea Festival. Kdatangannya ke Indonesia nyatanya membuka sudut pandang baru. Ia pun mulai tertarik dengan Islam lantaran mendapat sambutan baik dari muslim di Indonesia.

Semenjak itu, Daud Kim semakin sering mengunggah konten mengenai Islam dan Korea. Karena keingintahuannya yang cukup besar, Daud Kim pernah mengunjungi salah satu Masjid terbesar di Seoul. Dirinya bahkan pernah mencoba menjalani ibadah puasa dan mengikuti perayaan Idul Fitri bersama muslim lain di Korea.

https://www.instagram.com/p/B7TbGq8lI2J/

4. Menjadi Mualaf

Setelah cukup banyak belajar mengenai Islam, ditambah juga keberanian dan tekad yang kuat, Daud Kim akhirnya memutuskan untuk menjadi Muslim. Tepat pada bulan September 2019 lalu, ia mengumumkan status barunya sebagai mualaf.

Dalam salah satu videonya, Daud Kim menceritakan alasanya mengapa ia memilih Islam sebagai agama barunya. Menurut penuturannya, ada dua alasan yang melandasi keputusannya tersebut, salah satunya adalah karena muslim di Indonesia yang merubah sudut pandangannya mengenai Islam.

Setelah resmi menjadi Muslim, Jay Kim pun berganti nama menjadi Daud Kim. Nama tersebut dipilih dengan alasan masih bermakna sama dengan nama kecilnya. Saat dilahirkan, Jay diberikan nama katolik David. Menurutnya memilih nama Daud masih masuk akal karena memilih makna yang sama dengan David.

https://www.instagram.com/p/CAyCGJ4DQzX/

5. Puasa dan Idul Fitri Perdana

Bulan puasa dan Idul Fitri tahun ini merupakan momen pertama baginya menjalani ibadah puasa dan Idul Fitri setelah resmi menjadi Muslim pada September lalu. Ia pun mengunggah beberapa video mengenai kegiatannya selama menjalani puasa, seperti melaksanakan shalat tarawih hingga mengumandangkan adzan pertama kali.

Leave a Comment