Metode Mendidik Anak ala Ashanty: Kuatkan Pondasi Agama Sedari Kecil

keluarga osd dan ashanty keluarga osd dan ashanty (foto: instagram.com/okisetianadewi)

Muslimahdaily - Ashanty berbincang-bincang dengan Oki Setiana Dewi tentang persoalan mendidik anak. Ashanty dan suami, Anang Hermasyah, mengaku bahwa anak-anak mereka harus bersekolah di sekolah Islam. Hal itu untuk menguatkan pondasi agama anak sedini mungkin.

“Di sekolah Al Jabr ini benar-benar membedah Alquran. Itu mungkin kenapa Arsy tidak suka memakai pakaian terbuka dan sebagainya,” ujar Ashanty di laman Youtube Oki Setiana Dewi.

Selain itu Ashanty juga tidak memburu-buru sang anak untuk bisa segera fasih berbahasa Inggris. Ia mengungkapkan bahwa anaknya harus menguasai Bahasa Indonesia terlebih dahulu, baru nanti mempelajari bahasa Inggris.

“Ada beberapa anak yang sedari kecil sudah di sekolah Internasional sehingga hasilnya Bahasa Indonesianya tidak lancar. Aku tidak ingin seperti itu,” kata Ashanty.

Ashanty juga berusaha untuk mengenali dan melihat bakat Arsy. Lantaran Arsy baru berumur lima tahun, Ashanty masih belum dapat melihat akan lebih menonjol ke bidang mana.

“Aku masih belum paham Arsy arahnya lebih ke pendidikan atau ke seni. Dia suka menyanyi atau dia suka mengaji, tidak apa-apa, aku bebaskan dia. Tetapi aku mau lihat sampai dia SD nanti pendidikannya bagaimana. Karena aku maunya dia pendidikannya bagus tetapi di bidang lain juga bagus,” terang Ashanty.

Namun Ashanty menyadari bahwa ia tidak bisa memaksakan kehendaknya pada anaknya karena semua berbalik lagi ke bakat anak itu sendiri. Ashanty mencontohkan Aurel Hermansyah dan Azriel Hermansyah yang merupakan kakak-adik namun keduanya sangat bertolak belakang.

“Si adik (Azriel) fokus ke sekolah banget, tapi kakaknya (Aurel) itu anaknya seni banget seperti nyanyi, masak, pokoknya seni-seni itu dia jagonya setengah mati,” kata Ashanty.

“Kalau si Arsy dan Arsya aku belum bisa lihat arahnya ke mana. Tetapi aku bukan tipe orang yang memaksakan kehendak pada anak. Aku tidak mau Arsy menderita gara-gara kemauan aku,”

Banyak orang tua saat ini yang berlomba-lomba mendaftarkan anaknya sedari kecil untuk les dan sebagainya. Namun Ashanty mengatakan bahwa Arsy akan les di usia yang pantas untuk les dan jika dia sendiri yang meminta. Jika si anak tidak berminat dan dipaksakan untuk les, justru si anak tidak akan menjadi apa-apa.

Ashanty sendiri turut menuturkan dibandingkan pergi ke sekolah yang jauh, ia lebih senang anak bersekolah di dekat rumah. “Aku tidak ingin anak sekolah jauh-jauh. Seperti ke Azriel, aku bilang ‘Kamu S1 di Jakarta dulu. Nanti S2 di umur 21-22, kamu sudah kuat,’ Coba SMA sudah jauh-jauh ke luar negeri, tidak bisa diawasi pergaulannya,”

Selain pendidikan, bakat, dan kemauan anak, Ashanty menuturkan bahwa ikatan keluarga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak. Ikatan keluarga yang kuat kelak akan menjadikan anak dekat dengan keluarga dan tidak merasa terasingkan meski nantinya si anak sekolah jauh.

Last modified on Selasa, 25 Agustus 2020 13:07

Leave a Comment