Kisah Roger Danuarta Sempat Diomeli Ibu saat Memutuskan Jadi Mualaf

Roger Danuarta dan Cut Meyriska Roger Danuarta dan Cut Meyriska ( Foto: Instagram/rogerojey )

Muslimahdaily - Roger Danuarta dikabarkan menjadi mualaf sejak beberapa tahun lalu. Banyak yang menduga ia masuk Islam karena ingin menikah dengan Cut Meyriska. Namun, Roger membantah tudingan tersebut.

Roger menjelaskan alasannya memeluk agama Islam saat menjadi bintang tamu di konten YouTube pasangan artis Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty, dalam kanal YouTube 'Ussy Andhika Official'.

Dalam video tersebut Roger menegaskan bahwasanya keputusannya memeluk Islam, tidak ada sangkut pautnya dengan menikah. Ia memutuskan untuk menjadi mualaf atas keinginannya pribadi.

“(Mualaf) itu enggak ada urusannya sama nikah sih. Mualaf itu urusan pribadi,” tutur Roger.

Bapak satu anak ini juga menjelaskan, alasannya memutuskan untuk berpindah keyakinan, karena sempat merasa kosong ketika memeluk kepercayaan yang lama.

“Gue merasa apa ya, Islam bisa menjadikan diri gue menjadi pribadi yang lebih baik ya," tuturnya dalam video tersebut.

Saat memutuskan untuk menjadi mualaf, diketahui Roger dan Cut Meyriska sempat tak berkomunikasi satu sama lain. Saat itu Roger sedang membutuhkan waktu untuk meyakinkan dirinya untuk memeluk agama Islam. Cut Meyriska juga tidak mengetahui proses mualaf sang suami kala itu.

Saat itu Roger sempat meminta izin kepada ibu, dan saudara-saudaranya. Ternyata mereka menerima keputusan Roger dengan baik dan berpesan agar dapat menjalani ibadah agama barunya dengan sungguh-sungguh.

“Gue tanya sama kakak, sama saudara-saudara gue dan mereka semua ya, ‘Itu terserah lo kan agama kan urusan pribadi sama Tuhan’ cuma, dari mereka bilang, kalau mau pindah, jalaninnya yang bener,” ujar Roger. 

Kemudian sang ibu berpesan kepada Roger untuk bertanggung jawab atas keputusannya tersebut. “Kalo emang bener mau pindah, jalaninnya yang bener, belajar baca Qur’an, terus juga shalat yang bener gitu," ungkap Roger.

Justru dorongan dari sang ibu lah yang membuatnya yakin untuk terus serius belajar dan mengenal Islam lebih dalam lagi. Cut Meyriska pun membernarkan bahwa keluarga Roger sama sekali tak masalah dengan keputusan menjadi mualaf. Justru ia salut dengan sikap dari sang mertua untuk terus mendorong Roger dalam memeluk agama Islam.

“Nyokapnya bilang, ‘Lo jangan pindah doang terus lo enggak belajar apa-apa.’ Akhirnya dia belajar ngaji di deket rumahnya sama di masjid deket lokasi syuting. Itu gara-gara nyokapnya tuh, diomelin mamanya,” jelas Meyriska.