Menjelang Pernikahan, Ustadz Syam Gelar Prosesi Mappacci Tradisi Suku Bugis

Ustadz Syam Ustadz Syam ( Foto: Instagram/@syam_elmarusy )

Muslimahdaily - Kabar bahagia datang dari Ustadz kondang yang kerap kali mengisi layar kaca, Syamsuddin Nur Makka. Pendakwah yang akrab dikenal dengan sapaan Ustadz Syam ini akan melepas masa lajangnya alias menikah. Ustadz Syam akan mempersunting gadis cantik yang merupakan seorang selebgram bernama Jihan Salsabila.

Hal itu diketahui setelah beredar foto Ustadz Syam mengenakan busana pengantin khas Bugis Makassar. Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya Ustadz Syam menggelar acara adat Mappacci yang dihadiri oleh Ustadz Maulana.

( Instagram/@syam_elmarusy )

Upacara Mappacci atau Mappaccing berasal dari kata “Pacing” yang berarti bersih. Adat asal Bugis ini bertujuan untuk membersihkan diri dari semua hal yang dapat menghambat pernikahan.

Prosesi Mappacci atau disebut juga Tudang Penni dilakukan oleh pengantin laki-laki dan perempuan di rumah masing-masing pada malam hari atau sehari sebelum pernikahan.

( Instagram/@syam_elmarusy )

Tak lupa Ustadz Syam juga meminta doa restu kepada kedua orang tuanya, serta memohon agar dilancarkan pernikahannya dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Ia juga berterima kasih kepada kedua orang tuanya yang telah berjuang membesarkan serta mendidiknya. Hal itu juga dibagikan pada unggahan di akun Instagram pribadinya.

( Instagram/@syam_elmarusy )

“BAPAK” Terima Kasih atas segala KERASmu, Kerasnya usahamu mendidikku, Kerasnya doamu untukku. Satu hal yang menjadi tantangan bagiku. Bisakah aku menjadi bapak yang hebat sepertimu ? Doakan aku," tulisnya dalam keterangan unggahan Instagram-nya.

( Instagram/@syam_elmarusy )

“She’s crying, When i said : “mak, doakan semoga dia membantuku lebih mencintaimu more and more"," tulis Ustadz Syam pada unggahan lain.

Diketahui prosesi akad nikah Ustadz Syam dan Jihan akan digelar pada Jum'at esok hari. Prosesi juga akan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube pribadi Ustadz Syam, seperti pada keterangan Instagram Story yang ia bagikan.

( Instagram/@syam_elmarusy )

Leave a Comment