Riz Ahmed Jadi Aktor Muslim Pertama yang Mengantongi Nominasi Oscar

Riz Ahmed Riz Ahmed ( Foto: Instagram/rizahmed )

Muslimahdaily - Penyanyi rap sekaligus aktor kebangsaan Inggris, Rizwan "Riz" Ahmed berhasil mengantongi nominasi Oscar sebagai aktor terbaik 2021 dalam film terbarunya "Sound of Metal". Hal ini menjadikannya sebagai muslim pertama keturunan Asia yang mendapat nominasi di pagelaran penghargaan film terbesar dunia tersebut.

Penghargaan ini didapatkan oleh Riz setelah memerankan seorang Drummer band metal bernama Ruben Stone yang tiba-tiba kehilangan pendengarannya.

Untuk memerankan seorang Drummer yang tuli tentu lah tidak mudah. Setelah proyek film ini jatuh ke tangannya, Riz mempelajari bahasa isyarat dan cara bermain drum selama 7 bulan di Amerika.

Pria lulusan Universitas Oxford ini juga berterima kasih atas bantuan pihak rehabilitasi dan komunitas tuna rungu yang membantunya mensukseskan film yang membawa namanya ke panggung Oscar ini.

Sebelumnya, berkat film yang sama, Riz mendapatkan penghargaan dari Akademi Seni dan Sains Film. Juga pada tahun 2017 lalu, Riz kembali membuat sejarah di penghargaan Emmy sebagai seorang pria muslim yang memenangkan penghargaan akting secara umum akan perannya yang mengesankan di film 'The Night Of' garapan HBO.

Dalam wawancaranya bersama New York Times, Riz Ahmed menjawab pertanyaan mengenai identitasnya sebagai sebuah gebrakan stereotype mengenai Oscar yang selalu dilihat Barat-sentris.

Selain Riz, aktor kelahiran Korea yang dikenal dalam perannya sebagai Glenn di serial The Walking Dead Steve Yeun juga masuk dalam nominasi Oscar. Hingga keduanya menjadi aktor asal Asia yang masuk dalam nominasi.

"Kamu juga mencetak sejarah dalam perhelatan Oscar sebagai seorang muslim pertama yang mendapat nominasi aktor terbaik, bersamaan dengan Steve Yeun. Ini adalah kali pertama di Oscar, ada dua kandidat Asia dalam sebuah nominasi di tahun yang sama. Apakah ini berarti bagimu?" ujar tim New York Times yang mewawancarai Riz Ahmed, dilansir pada laman yang sama.

"Ya, tentu saja, dan kurasa yang paling penting adalah jika yang kulakukan dapat berarti untuk semua orang. Aku hanya berpikir dengan adanya nominasi ini, banyak orang yang akan merasa dirinya dianggap (contohnya golongan minoritas, terutama Muslim dan keturunan Asia di Hollywood) karena mereka akan berpikir bahwa dirinya juga berpartisipasi dan masuk ke dalam momen yang membahagiakan ini, itulah yang terbaik menurut saya. Dan kurasa, itulah bagaimana bercerita seharusnya dilakukan. Tentang bagaimana kita membagikan ide-ide mengenai siapa diri kita, dan kita juga memberikan sebuah wadah cerita yang besar kepada banyak orang untuk menemukan dirinya di dalam lingkungan kita. Dan itu adalah hal yang begitu positif," jawabnya.

Leave a Comment