7 Fakta Pernikahan Ustadz Abdul Somad dengan Fatimah Az Zahra

Ustadz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra Ustadz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra ( Foto: instagram/faizsumarno )

Muslimahdaily - Ustadz Abdul Somad atau kerap dipanggil UAS sah menjadi suami dari Fatimah Az Zahra Salim Barabud. Kabar bahagia ini dibagikan UAS dalam akun Instagram pribadinya @ustadzabdulsomad_official. Dalam unggahan fotonya, Ustadz Abdul Somad terlihat bersanding di pelaminan dengan Fatimah seusai melangsungkan akad nikah.

Pernikahan pasangan ini digelar pada Rabu, 28 April. Tak hanya pernikahannya saja yang disorot, bahkan perbedaan usia yang lumayan jauh membuat netizen penasaran.

Meskipun begitu, keduanya menerima banyak ucapan dan doa dari para kerabat dan warganet lainnya. “Barakallahu laka wa baraka alaika wa jama'a bainakuma fii khair,” tulis ustadz Felix Siauw dalam kolom komentar unggahan foto Ustadz Abdul Somad.

Berikut ini 7 fakta pernikahan Ustadz Abdul Somad dan Fatimah yang sudah dirangkum khusus untuk Sahabat Muslimah.

1. Pernikahan ini bermula dari dijodohkan oleh Kiai

Lathifah Sholehah, bibi Fatimah mengungkapkan pada Maret 2021 lalu, UAS beserta keluarganya mendatangi kediaman keluarga Fatimah dengan niat untuk melamar. Lathifah menambahkan, pernikahan keponakannya itu terjadi setelah Kiai Fatimah memintanya untuk menikah dengan UAS.

2. Mempercepat hari akad nikah

Diketahui melalui Ilham Rohim, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang menuturkan bahwa Abdul Somad sudah mendaftarkan pernikahan pada awal April 2021 atau sebelum bulan puasa. Mengutip dari laman IDNTimes, menurut Sistem Informasi Manajemen Nikah Kementerian Agama RI (Simkah) awalnya pernikahan ini akan dilangsungkan pada 17 Mei 2021. Namun ternyata, akad dipercepat menjadi tanggal 28 April.

3. Menikah pada bulan suci Ramadan

Kabar pernikahan Ustadz Abdul Somad mencuri perhatian publik. Pasalnya pernikahan ini dilaksanakan pada 28 April 2021 pukul 16.30 yang mana bertepatan pada 16 Ramadan 1442 H.

4. Pernikahan yang digelar terlihat sederhana

Pernikahan pasangan baru ini tidak dilangsungkan di kediaman Fatimah, melainkan di salah satu rumah di Kecamatan Peterongan, Jombang. Ustadz Abdul Somad tampak gagah dengan gamis krem dan jubah emasnya serta terdapat untaian bunga sedap malam di lehernya. Sedangkan Gaun dan hijab mempelai wanita berwarna kuning emas senada dengan pengantin pria.

5. Mahar yang diberikan berupa maskawin bernilai fantastis

Mahar pernikahan UAS dengan Fatimah berupa maskawin 244 gram emas. Nilai maskawin tersebut ditaksir sekitar Rp 234 juta.

6. Perbedaan usia pasangan ini terpaut cukup jauh

Menurut informasi yang beredar, usia UAS 24 tahun lebih tua dari sang istri. Fatimah baru saja genap berusia 20 tahun pada 1 Oktober nanti. Sementara itu, ustadz Abdul Somad yang lahir pada tahun 1977, kini ia berusia 44 tahun.

7. UAS menikahi seorang hafizah asal Jombang, Jawa Timur

Fatimah ialah seorang santriwati di Pondok Pesantren Ma’had Al-Muqoddasah li Tifzhil Quran, Nglumpang, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur. Fatimah juga seorang penghafal Al Quran.

Mari kita doakan agar pernikahan ustadz Abdul Somad dan Fatimah Sakinah, Mawaddah, Warahmah, aamiin.

Leave a Comment