Oki Setiana Dewi Dapat Puisi Menyentuh saat Ziarah Kubur Sang Papa

Ria Ricis, Oki Setiana Dewi, dan Shindy Putri Ziarah Makan Sang Papa Ria Ricis, Oki Setiana Dewi, dan Shindy Putri Ziarah Makan Sang Papa ( Foto: Instagram/Okisetianadewi )

Muslimahdaily - Ria Ricis berziarah ke makam ayahnya pada Sabtu (5/6) lalu. Ditemani dengan sang kakak, Oki Setiana Dewi menerima secarik kertas berisi puisi indah dari seorang anak misterius yang tidak dikenal.

Istri dari Ory Vitrio ini sangat tersentuh ketika membaca bait demi bait puisi yang berjudul ‘Tenang’ itu. Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada orang-orang yang turut berbuat baik terhadap keluarganya.

“Kemarin, 5/6/2021 saat menemani Ricis ziarah makam, sy menerima secarik kertas dari seorang anak. Tulisan indah yang menyentuh hati saya. Terimakasih puisinya utk Papa kami, ya dek,” tulis Oki dalam unggahan akun Instagram pribadinya, Minggu (6/6).

Lembaran kertas yang berisi puisi tersebut juga Oki unggah. Tiap kata dalam puisi yang tertulis dengan tinta biru ini menyiratkan penuh arti.

“Tenang, Bahkan bumi pun bersedih ketika seseorang yang mencintai Rabbnya pergi meninggalkannya. Tangisan deras turun dari langit, menghujam tanah, dan meninggalkan deru tangis dari mereka yang mencintai dirimu. Sekarang, tugasmu menjadi ayah, suami, sahabat, dan teman sudah selesai. Wahai jiwa yang senang, sekarang kembalilah dengan tenang ke dalam pangkuan Rabb semesta alam," untaian kata dalam puisi atas kepergian ayah dari Oki dan Ricis.

Diketahui, Ayah Ria Ricis dan Oki meninggal dunia pada Jumat (4/6/2021). Almarhum meninggal dalam usia 61 tahun. Kini, jenazah ayahanda mereka telah dimakamkan di Pesantren Tahfiz Daarul Quran milik Ustad Yusuf Mansur, di daerah Cipondoh, Tangerang.

Seusai melakukan ziarah, Oki sempat menerangkan bahwa sang papa mengidap penyakit jantung sebelum menghembuskan nafas terakhirnya. Kemudian baru disadari bahwa almarhum meninggal ketika malam hari saat tertidur.

“Papa memang punya penyakit jantung. Lalu, papa meninggal ketika tidur,” ujar Oki ketika diwawancarai oleh sejumlah awak media.

Oki beserta keluarga tidak memiliki firasat buruk akan ditinggal ayahnya selama-lamanya. Bahkan sebelum meninggal pun, almarhum tidak mengalami sakit dan masih tampak sehat bugar seperti orang biasanya.

“Jadi, kita enggak ada firasat buruk atau tanda-tanda dan gejala-gejala apa pun,” jelas Oki.

“Semalam masih baik-baik saja, makan malam bareng ibu,” tambah Oki.

Wanita berusia 32 tahun ini menerangkan, ibu dan ayahnya pisah kasur ketika tidur malam hari karena keduanya memiliki penyakit yang berbeda. Lalu, ibu baru mengetahui denyut nadinya sudah tidak ada keesokan harinya.

“Ibu mengalami auto imun, jadi tidurnya terpisah dengan ayah. Sehingga, ibu enggak ketahuan papa meninggal tepatnya kapan,” kata Oki.

Sementara itu, Ria Ricis yang berada di Flores tidak mengetahui kabar ayahnya meninggal dunia. Ricis sangat terpukul ketika baru tahu setelah dihubungi beberapa kali oleh keluarganya. Makanya, ia baru bisa berziarah sehari setelah ayahnya dibumikan.

Leave a Comment