Ini Film Religi Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton!

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily – Film bergenre religi mulai bertebaran di bioskop-bioskop kesayangan. Namun, jika dilihat kembali, film yang biasanya mengusung nilai-nilai agama ini tetap saja masih kalah jumlah dengan film bergenre lain seperti horror, drama cinta atau petualangan. Bagi kamu yang haus akan film-film bernada religi, sebaiknya jangan lewatkan beberapa judul di bawah ini. Berikut beberapa film religi yang patut kamu tonton karena tak lekang oleh waktu.

1.Le Grand Voyage (2004)

Film besutan sutradara Ismael Ferroukhi asal Maroko ini memang kurang popular di pasaran. Namun, film yang mengambil setting tahun ’90-an ini sangat sarat makna. Le Grand Voyage yang berarti Perjalanan Akbar dalam bahasa Perancis menceritakan hubungan seorang anak dan seorang ayah. Reda, sang anak diminta ayahnya untuk menemaninya berangkat haji. 

Namun, sang ayah menginginkan mereka berangkat dengan mobil dari Perancis. Perjalanan sepanjang ribuan mil pun dimulai. Hubungan Reda dan ayahnya memang tidak harmonis. Sehingga, dalam perjalanan menuju Mekkah mereka hanya berbincang sedikit dan bersikap sangat kaku. Tak jarang mereka kerap berdebat dan menemui berbagai halang rintang. 

Setelah melalui perjalanan panjang, ayah Reda akhirnya bisa menjalankan ibadah Mekkah. Namun, di hari selanjutnya ayah Reda meninggal di Ka’bah. Hal ini membuat Reda sedih dan sadar akan nilai-nilai perjalanan selama bersama ayahnya. Dia pun kembali ke Perancis dan kembali bertobat. Film ini sangat menyentuh dan mengingatkan kita pada niat sesungguhnya untuk berhaji. 

2.The Kite Runner (2007)

Diadaptasi dari novel yang berjudul sama karangan Khaled Hosseini, film ini mendapat beberapa penghargaan internasional seperti Film Asing Terbaik oleh Golden Globe Award. 

The Kite Runner menceritakan dua pasang sahabat, Amir, seorang anak tokoh Afghanistan dan Hasan, seorang anak pembantu. Mereka bersahabat sejak kecil dan sangat suka bermain laying-layang. Saat itu adalah zaman peperangan antara Rusia dan Taliban. Mereka hidup dalam keterpurukan perang. 

Film ini mengajak kita untuk merenung kembali nilai-nilai manusia yang kerap membutakan, seperti keegoisan, kesombongan juga sikap yang fanatik. Dikisahkan dengan sangat menarik tanpa menampilkan unsur kekerasan meski hidup di dunia peperangan.

3.Sang Pencerah (2010)

Film besutan Hanung Bramantyo ini sempat fenomenal saat itu. Diangkat dari kisah nyata perjalanan religi seorang tokoh organisasi besar di Indonesia, Ahmad Dahlan, film ini berhasil meraih berbagai penghargaan film nasional seperti Film Terbaik 2011 dalam ajang Festival Film Bandung. 

Dengan epic, Hanung menampilkan sosok tokoh pembaharu Islam. Ahmad Dahlan diceritakan dengan santun, tegas dan memiliki pendirian yang teguh akan keyakinannya. Film ini juga menampilkan nilai-nilai yang masih relevan di masa sekarang seperti sikap toleransi, bekerjasama dengan berbeda keyakinan, serta semangat perubahan. Sangat cocok ditonton semua usia. 

4. The Message (1976) 

Meski tergolong film lawas, tetapi film berlatar drama sejarah ini wajib ditonton kaum muslim. Sebab, menceritakan perjuangan junjungan nabi besar Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam dalam menyebarkan agama Islam. Bagi yang merindukan Rasulullah, film besutan Moustapha Akkad ini sedikit bisa mengobati kerinduan kita akan beliau. 

5.Malcolm X

Film ini mengisahkan biografi seorang muslim berkebangsaan Afrika-Amerika, Malcolm X. Awalnya, dia adalah seorang criminal, pengedar narkoba dan segala kehidupan yang kelam. Hingga ia mendapat hidayah dari saudaranya saat dikirimi surat dari penjara. Dari sana Malcolm berkenalan dengan organisasi Islam Afrika-Amerika dan membuka hatinya untuk terjun masuk Islam.

Malcolm X juga gencar membela rasisme terhadap kaum berkulit hitam. Sosoknya digambarkan sangat lantang terhadap kekerasan dan diskriminasi kepada kaum kulit hitam juga Islam. Berkat film ini banyak yang terinspirasi untuk mengenal dan masuk Islam, salah satunya yaitu Muhammad Ali. 

Last modified on Jumat, 17 Maret 2017 03:00