Novel Fiksi Sains Arab “HWJN” Diadaptasi ke Layar Lebar

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Image Nation dan MBC Group Ink Film berkolaborasi dalam proyek pembuatan film berbahasa Arab bertajuk HWJN. Film tersebut merupakan adaptasi novel bergenre fiksi sains dengan judul yang sama.

Hal tersebut dikabarkan oleh marketing media Perancis, MIPTV  pada Rabu (4/4/2017). Inilah proyek pertama kolaborasi rumah produksi Abu Dhabi Image Nation dengan 03 Production yang merupakan cabang dari MBC Group. Tak hanya untuk film layar lebar, keduanya juga bekerja sama untuk tiga film serial televisi. Keduanya bekerja sama dalam hal produser maupun finansial.

Proyek pertama memilih Hawjan atau HWJN sebagai novel yang akan diadaptasi menjadi film layar lebar. Novel karya Ibraheem Abbas tersebut merupakan buku bestseller yang diterbitkan dalam Bahasa Arab maupun Bahasa Inggris. Novel HWJN sangat terkenal dan menjadi fenomena budaya pop di Arab Saudi. Bagaimana tidak, HWJN terjual lebih dari 140 ribu eksemplar dan didownload lebih dari 1 juta kali.

HWJN berkisah tentang jin yang ramah dan taat. Ia bersahabat dengan seorang manusia yang merupakan mahasiswa jurusan kedokteran bernama Sawsan. Hubungan keduanya makin hari makin dalam hingga perlu menembus dimensi antara dunia manusia dan dunia jin. Kemudian muncul pengganggu yang merupakan jin jahat penguasa Sanam.

Ada pula adegan dalam HWJN di mana jin bekerjasama dengan manusia untuk melacak penipuan dan penggunan ilmu hitam sihir di dunia Arab modern. Bayak pembaca yang berkomentar bahwa HWJN lebih pas dengan genre fantasi alih-alih fiksi sains. Namun sang penulis menyatakan karyanya sebagai novel bergenre fiksi sains.

Sang novelis, Ibraheem Abbas merupakan co-founder Yatakhayaloon atau The League of Arabic Sci-Fiers. Ia bersama temannya yang juga pendiri Yatakhayaloon menerbitkan sendiri novel HWJN. Pasalnya, semua penerbit Arab Saudi menolaknya. Mengingat buku novel populer tak lazim di negara muslim tersebut.

Fadi Ismail, Group director dari 03 Production menyambut positif kerja sama tersebut. Menurutnya, film berbahasa Arab masih sangat jarang diproduksi. “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Image Nation Abu Dhabi, sehingga dapat mengintegrasikan usaha, keahlian dan visi produksi kami. Dengannya kami memberikan kontribusi untuk mengangkat artistik pembuatan film di negara-negara teluk secara umum, dan Saudi secara khusus,” ujarnya.

Kepala film narasi dan televisi Image Nation, Ben Ross pula menyampaikan bahwa kerja sama tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kualitas film di tanah Arab. “Kemitraan strategis baru antara Image Nation dan MBC merupakan indikasi lebih jauh dari komitmen kami untuk memproduksi film dan acara televisi berbahasa Arab dengan kualitas tinggi untuk dunia Arab,” tuturnya.

Image Nation terkenal dengan investasinya di beberapa film Hollywood. Di antaranya yakni Men in Black 3, Keeping Up With The Joneses serta film coming soon bertajuk The Circle yang dibintangi Tom Hanks dan Emma Watson.

Sumber : Movimagz.com

Leave a Comment