Tagar #BoikotFilmTheSantri Senter di Jagat Dunia Maya

By September 19, 2019 0
Poster boikot film The Santri Poster boikot film The Santri ( Foto : Instagram/@irenahandono )

Muslimahdialy - Warganet meramaikan jagat dunia maya dengan tagar#BoikotFilmTheSantri. Film yang disutradai oleh Livi Zheng ini disiapkan oleh Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) sebagai hadiah untuk Hari Santri Nasional, 22 Oktober mendatang.

Tagar #BoikotFilmTheSantri menjadi trending topic di media sosial twitter Senin (16/9) kemarin. Warganet ramai-ramai menggunakan tagar tersebut karena menganggap film The Santri tidak mewakili sosok santri dan kehidupan santri semestinya.

Banyak warganet yang mengecam atas beberapa cuplikan trailer film The Santri ini. Seperti adegan saling tatap mata antara santri wanita dan pria yang diperankan oleh Wirda Mansur dan Azmi Iskandar  dan adegan lainnya yang justru jauh dari kata santri.

Dengan tagar tersebut beredar pula video tanggapan dari alim ulama Buya Yahya mengenai film The Santri, menurutnya jika ingin membuat film pesantren perlu mencari referensi yang benar-benar menampilkan kehidupan santri seperti pada umumnya.

“Kalau ingin membuat film tentang pesantren yaa cari referensi rinci yang bentul-betul menampilkan bahwasannya disitu akhlak yang mulia. Baru nanti benar itu sebagai film yang akan memaparkan tentang dunia pesantren dan dia akan jujur dan akan diterima oleh masyarakat. Tapi kalau ga bener, malah meracuni akan menjadi fitnah, yang hancur siapa? Yang hancur sutradanya, pemerannya hancur, umat rusak nanti menjadi prasangka buruk dengan pesantren. Maka itu film buat kerusakan dan awas hati-hati di dalam urusan agama jangan anda hanya membidik pasar, jualan melalui agama naudzubilla. Oh ini pasarnya santri, ini kubuat film santri nanti bakal heboh, booming. Nanti bisa wahh, ini kalau sudah niatnya untuk dunia ga akan bener itu semua ya,” ujar Buya Yahya seperi dikutip MuslimahDaily dalam lama youtube Al-Bahjah TV, Selasa (17/9).

Selain itu, beredar kabar pula bahwa Persaudaraan Alumni 212 atau PA 212 juga turut menolak keberadaan film The Santri. Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, Ketua Media Center PA 212, Novel Chaidir Hasan Bamukmin, menegaskan film tersebut membahayakan akidah umat islam dan tidak mencerminkan kehidupan santri yang sesuai ajaran islam.

Yusuf Mansur pun menanggapi kritikan warganet atas film yang diperankan oleh putrinya tersebut. Ia pun mengunggah tangkap layar atas trending topic #BoikotFilmTheSeries tersebut dan meminta didoakan oleh masyarakat.

“Keren… pasti jadi kebaikan. Salam dan doa untuk seluruh sdr2 dkk di seluruh penjuru tanah air.. Shalawatnya, istighfarnya, tasbihnya, jalanin trs ya. Plus sedekahnya. Salurkan ke orang2 dan lingkungan terdekat. Banyak2 saya dan Wirada minta didoakan. Tar kita bikin film sekuel sendiri. The Wirda. The Yusuf. The the yang lain,”tulis @yusufmansurnew.

Last modified on Thursday, 19 September 2019 15:18

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama