5 Rekomendasi Film Bertema Perempuan

By September 29, 2019 0
The Hidden Figures The Hidden Figures ( Foto : huffpost.com )

Muslimahdaily - Menonton film bukan hanya sekadar hiburan semata, tetapi bisa juga menambah wawasan baru, lho. Ada beragam tema film yang dapat kamu tonton, salah satunya tema perempuan.

Beragam inspirasi kisah hidup dan perjuangan perempuan dikemas secara menarik. Berikut rekomendasi film bertema perempuan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hidden Figures

Film bergenre drama biografi yang dirilis pada tahun 2016 ini mengisahkan tentang tiga orang perempuan berkulit hitam jago matematika bernama, Katherine G. Johnson, Dorothy Vaughan, dan Mary Jackson. Mereka bekerja untuk NASA pada saat Amerikat Serikat sedang gencar-gencarnya berlomba dalam "Space Race". Namun ternyata, mereka hanya diberikan beban kerja remeh dan menerima banyak diskriminasi. Kisah ini diangkat dari buku berjudul Hidden Figures yang ditulis oleh Margot Lee Shetterly.

2. The Hunting Ground

Film dokumenter yang bercerita tentang kasus pelecehan seksual terus terjadi di Amerika Serikat dan para korbannya dibungkam. Melalui film The Hunting Ground lah kisah-kisah para korban pelecehan disebarluaskan. Dari film ini kita dapat belajar bahwa hubungan seksual harus dilakukan atas persetujuan dua belah pihak dan banyak korban pelecehan yang tertekan namun mereka tidak berani angkat suara.

3. Brave

Berbeda dengan kisah-kisah putri kerajaan yang memiliki jalan cerita cinta romantis dengan pangeran, film animasi garapan Pixar ini mengisahkan tokoh Merida, seorang putri yang mandiri dan berani. Ia membuktikan bahwa perempuan juga bisa menjadi ksatria atau orang yang tangguh meskipun harus melanggar tradisi keramat. Kecerdasan dan ketangguhannya sebagai seorang perempuan mampu menyelamatkan kerajaannya dari ambang kehancuran.

4. Sokola Rimba

Film inspiratif ini mengisahkan seorang perempuan Suku Batak bernama Butet Manurung yang mendirikan sekolah di pedalaman Suku Kubu di Taman Nasional Bukit Dua Belas, Jambi. Namun, Butet mendapatkan pertentangan dari masyarakat Suku Kubu karena pendidikan masih dianggap tabu bagi mereka. Hal itu tidak membuat Butet patah semangat, ia tetap berusaha keras untuk meyakinkan masyarakat bahwa pendidikan sangatlah penting.

5. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Menceritakan tentang perempuan keturunan Tionghoa yang sedang berusaha untuk mengatasi masalah diskriminasi di Indonesia pada tahun 1998. Merry yang pada saat itu baru tamat SMA, dikirim oleh Papanya ke Singapura karena situasi disana akan lebih aman dibandingkan dengan Jakarta. Merry kemudian mencari cara untuk bertahan hidup di Singapura dengan melakukan berbagai macam pekerjaan seperti menyebar brosur hingga menjadi agen asuransi. Dari film ini dapat disimpulkan bahwa perempuan bisa melewati pahitnya keadaan dan bisa hidup mandiri.

Lima pilihan film di atas dapat kamu jadikan sarana edukasi dan inspirasi karena banyak nilai moral yang bisa diambil. Jadi, film mana kah yang akan kamu tonton?

Last modified on Sunday, 29 September 2019 14:00

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama