Burka Avenger, Kartun Superhero Muslimah yang Mendapat Perhatian Dunia

Muslimahdaily - Burka Avenger tidak memiliki hubungan dengan Marvel, namun serial kartun asal Pakistan ini begitu mengagumkan hingga mendapat banyak penghargaan di dunia. Burka Avenger adalah kartun yang bercerita tentang seorang guru wanita yang berubah menjadi seorang superhero keren di malam hari. Serial animasi ini mulai tayang pada Agustus 2013 lalu dan masuk dalam nominasi Penghargaan Emmy dan telah memenangkan banyak penghargaan berkelas dunia; seperti Peabody Award, International Gender Equity Prize dan Asian Media Award. Burka Avenger juga masuk ke dalam list karakter fiksi yang paling berpengaruh di dunia oleh majalah TIME tahun 2013 lalu.

Cerita kartun ini menggambarkan Jiya, seorang guru yang baik dan populer di sekolah yang terletak di kota Halwapur. Orangtuanya meninggal saat dia masih bayi dan dia kemudian diadopsi oleh keluarga yang baik hati. Ayahnya mengajarinya ilmu bela diri yang dinamakan Takht Kabaddi, yang hanya menggunakan buku dan pulpen sebagai senjatanya. Saat malam hari, Jiya menyamarkan dirinya dengan memakai burka dan membasmi kejahatan, seperti mempekerjakan anak di bawah umur, melawan orang yang melarang anak perempuan untuk sekolah dan ada juga cerita yang menyinggung isu hangat terkini yang terjadi di Pakistan, misalnya isu vaksin polio. Ada banyak karakter penjahat di kartun ini, namun penjahat utama yang harus dihadapi Jiya adalah walikota Halwapur sendiri!

Sama seperti superhero lainnya, Jiya juga memiliki sidekick yaitu tiga anak kecil dan satu ekor kambing. Karakter dan juga cerita Burka Avenger ini diciptakan oleh seorang rockstar Pakistan bernama Haroon Rashid. Burka Avenger adalah tontonan yang menyenangkan bagi anak dan juga orang dewasa yang penuh dengan pesan sosial yang dibalut dengan penggambaran tokoh dan latar yang sangat menawan.

Tak seperti superhero barat, Jiya ditampilkan sebagai karakter yang bersahaja. Di siang hari Jiya adalah seorang guru yang sangat populer di kalangan murid. Dia juga sosok yang pintar dan percaya diri untuk mengajari siapa saja yang menurutnya melakukan perbuatan yang salah. Dia juga mengadakan konser rock untuk murid-muridnya sehabis pulang sekolah loh! Saat berubah menjadi Burka Avenger, Jiya menjadi sosok yang sangat kuat dalam hal kemampuan fisik, jujur, berani dan luwes.

Burka yang merupakan pakaian wanita muslim dijadikan simbol pergerakan wanita dan hak setiap wanita untuk memakai apa yang ingin dia pakai. Jiya memilih memakai burka saat dia sedang bertarung melawan musuh. Hal ini menunjukkan bahwa hal yang mungkin kamu anggap tidak baik bisa dibalikkan menjadi sumber kekuatan kita.

Kartun ini juga menyampaikan pesan moral tentang pentingnya pendidikan. Senjata yang digunakan Jiya untuk bertarung juga hanya buku dan pulpen. Hal ini karena menurut Jiya cara terbaik untuk melawan kesengsaraan adalah dengan taaleem, atau pendidikan dan kita semua harus menjadikan buku dan juga pena sebagai teman kita.

Karakter Jiya merupakan refleksi dari peraih nobel asal Pakistan Malala Yousafzai yang ditembak oleh Taliban karena memperjuangkan pendidikan bagi wanita. Saat ini Burka Avenger  tidak hanya tayang di Pakistan, tapi sudah merambah ke India dan Afghanistan. Kartun ini bisa menjadi semacam inspirasi bagi wanita muslim di negara itu yang terkenal memiliki banyak aturan ketat untuk bangkit dan berkontribusi dengan cara masing-masing.

Semoga saja kartun ini bisa sampai ke Indonesia ya!

Leave a Comment