5 Rekomendasi Film yang Wajib Kamu Tonton di Hari Guru

By November 25, 2019 0
Adegan Film Sokola Rimba Adegan Film Sokola Rimba ( Foto: Miles Production/dka )

Muslimahdaily.com- 25 November 2019, tepat pada hari ini masyarakat Indonesia sedang merayakan Hari Guru Nasional. Banyak instasi pendidikan yang merayakan hari ini dengan melakukan berbagai kegiatan di sekolah, seperti memberikan hadiah pada guru, pembacaan puisi, bahkan sampai menggelar panggung di halaman sekolah.

Bagi kamu yang tidak bisa memperingatinya di sekolah, kamu bisa ikut memaknai hari ini dengan menonton beberapa kisah guru yang menginspirasi lewat film. Berikut beberapa film rekomendasi Muslimahdaily tentang perjuangan seorang guru dalam menjalankan tugasnya, simak yuk!

1. Sokola Rimba

Butet Manurung (Prisia Nasution) seorang wanita yang setelah hampir 3 tahun bekerja di sebuah lembaga konservasi di wilayah Jambi, kini ia telah menemukan tujuan hidupnya. Mengajar baca tulis dan menghitung pad anak-anak pedalaman masyarakat suku dalam, dikenal sebagai Orang Rimba. Mereka tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas.

Namun perjuangannya untuk memberikan pendidkan pada anak-anak Rimba seringkali terhalang oleh pemahaman para orang tua disana, mereka beranggapan bahwa jika membaca dan menulis dapat membawa petaka. Bekerja masih menjadi tujuan utama mereka.  

Pertemuannya dengan Bungo, anak Rimba yang penuh dengan semangat untuk belajar cukup menyadarkan Butet. Bahwa perjuangannya harus terus dilanjutkan dan menghadapi segala rintangan. Film ini mengajarkan kita bahwa seorang guru akan berusaha sekuat apapun untuk melaksanakan kewajibannya walaupun banyak rintangan yang harus dihadapi.

2. The Miracle Worker: Hellen Keller

Hellen Keller seorang anak perempuan berusia sepuluh tahun yang memiliki keterbatasanindera. Ia mengalami tuna netra, tuna rungu dan tuna wicara. Karena keterbatasannya tersebut, orang tua Hellen mencarikan guru untuk mengajarkan anaknya. Bertemulah mereka dengan Annie Sullivan.

Sosok Annie awalnya tidak disenangi oleh keluarga dan juga Hellen, karena cara mengajarnya yang berbeda. Ia mengajarkan Hellen untuk bisa hidup mandiri dengan ketegasan yang selalu diterapkan. Ia mengajarkan Hellen untuk mengenali benda-benda sekitar dengan menggunakan sandi tangan. Kata pertama yang dipahami Hellen adalah “Water” kemudian diikuti dengan kata-kata lainnya.

Film ini memberikan inspirasi bagi para pendidik, khususnya pendidik anak kebutuhan khusus. Dalam film ini Ny. Annie Sullivan mengajarkan kita untuk bersabar, memiliki kegigihan untuk melatih Hellen agar bisa hidup mandiri dan melakukan tugasnya dengan tulus.

3. Taree Zameen Par

Kisah seorang anak yang tidak bisa membaca dan menulis, Ishaan namanya. Merupakan siswa kelas 3 yang payah dalam hal apapun, dia selalu melihat dunia dengan imajinasinya. Di setiap pembelajaran mendapat nilai yang buruk. Seringkali guru-guru di sekolahnya geram karena nilainya yang tak pernah bagus. Ditambah ia sering bolos sekolah dan di cap sebagai anak pemalas, nakal dan idiot.

Perjalanannya bermula ketika ia bertemua dengan seorang guru bernama Ram Shankar Nikumbh (Aamir Khan). Ishaan bertemu dengan Ram di sekolah barunya yang memilikidisiplin ketat. Sebagai seorang guru, Ram Shankar Nikumbh mengajarkan Ishaan dengan sangat sabar, sedikit demi sedikit. Membaca, menulis dan melukis serta berhitung dengan cara yang menyenangkan, hingga akhirnya Ishaan bisa seperti layaknya anak-anak lain.

Film ini memberikan inspirasi pada kita untuk tidak meremehkan kelemahan seseorang, yang kita harus lakukan adalah mengajarkannya dengan sabar dan mencoba untuk menemukan bakat terpendam yang dimilikinya. Karena sesungguhnya setiap orang diberikan kelebihan oleh Allah.

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Seperti tertera pada judulnya, film ini mengisahkan perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam melawan penjajahan. Perjuangannya dalam melawan penjajahan dan menyamakan hak serta martabat masyarakat Indonesia yang terjajah. Meskipun berasal dari keluarga bangsawan, ia tak hanya duduk diam melihat kenyataan. Tjokroaminoto mengambil peran untuk mendirikan sarekat Islam.

Dalam film ini juga diceritakan bagaimana Tjokroaminoto tumbuh menjadi seorang guru dari para pemimpin bangsa seperti Soekarno, Semaoen, Alimin dan Musso. Film ini bisa menjadi media pembelajaran sejarah dan politik bangsa dan juga untuk mengingat jasa para pahlawan dalam memperjuangkan hak-hak manusia, salah satunya hak untuk mengenyam pendidikan.  

5. Laskar Pelangi

Film yang mengisahkan 10 orang murid dinamakan Laskar Pelangi. Menempuh pendidikan dengan fasilitas yang tidak memadai. Seringkali diremehkan oleh sekolah lain yang kualitasnya lebih baik. Namun semua ini tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk berprestasi dan bisa bersaing dengan sekolah lain.

Seorang guru bernama Muslimah selalu mengingatkan mereka tentang pentingnya untuk mengejar cita-cita. Bu Mus merupakan sosok guru yang sangat inspiratif, memberi semangat pada anak-anaknya untuk tidak berhenti berjuang, mangasihi dan sangat memahami karakter masing-masing muridnya.

Sosk bu Mus bisa menjadi inspirasi untuk para pengajar,agar tak mudah menyerah dan tak gampang mengeluh dengan keadaan. Karena diluar sana masih banyak yang lebih sulit kondisinya. Begitupun untuk para pelajar, semangat dan daya juang anak-anak Laskar Pelangi wajib sekali untuk diteladani.

Last modified on Thursday, 28 November 2019 13:34

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama