Kontroversi Serial Terbaru Netflix “Messiah”, Film Tentang Dajjal?

Poster Messiah Poster Messiah ( Foto: dok. Netflix )

Muslimahdaily - Layanan streaming film Netflix baru saja meluncurkan serial barunya berjudul “Messiah”. Serial ini baru saja tayang tepat di tanggal 1 Januari 2020, namun sejak kemunculan trailernya satu bulan lalu, film ini sudah banyak menuai kontroversi. Banyak orang yang menyebut serial original Netflix ini menceritakan tentang kemunculan dajjal. Benarkah?

Messiah, mengambil latar belakang pada era Suriah ketika terjadi peperangan melawan ISIS. Pada saat itu masyarakat di Suriah kacau balau. Kehilangan harta dan keluarga, tempat tinggal serta harus mengalai ancaman setiap waktu.

Pada saat yang menyedihkan bagi mereka, datang seseorang yang misterius dan kharismatik. Ia datang untuk menyebarkankan pesan Tuhan dan berkhotbah di depan orang-orang yang sedang dalam kesusahan. Semula masyarakat sempat tak percaya dengan apa yang diucapkan oleh sosok pria ini. Namun lama-kelamaan mereka seperti terhipnotis oleh ajaran pria ini.

Pria yang pada akhirnya disebut sebagai Al-Masih berhasil mengajak 2.000 pengikutnya untuk percaya pada apa yang ia sampaikan. Mereka rela berjalan kaki bersama dari Damasku menuju Yarusalem.

Saat berada di Yerusalem, pria misterius ini mencoba mengobati anak kecil yang tertembak di depan The Dome of The Rock, lokasi yang dipercaya sebagai peristiwa terjadinya isra miraj. Orang tua dari anak tersebut seketika mempercayai bahwa itu adalah sebuah mukjizat.

Karena pergerakannya yang semakin nyata dan membuat heboh masyarakat, agen CIA mencoba untuk mengintai dan mengungkap identitas asli pria yang dijuluki Al-Masih ini. Eva Geller merasa bahwa ia harus segera mengungkap kasus ini sebelum pria misterius merekrut massa lebih banyak lagi.

Sejak peluncurannya, banyak sekali netizen yang beranggapan bahwa film ini menyesatkan dan menceritakan tentang kemunculan sosok dajjal. Dikutip dari CNN Indonesia, serial Messiah adalah kisah soal dajjal atau antikristus yang dalam banyak teori agama Samawi atau Yahudi, Kristen dan Islam. Makhluk itu disebut akan datang memiliki kemampuan ajaib dan membuat keimanan orang pada Tuhan nya goyah. Saat ini serial Messiah sudah tayang untuk season 1 dengan 10 episode. Masing-masing episode berdurasi sekitar 40-50 menit.

Persepsi ini juga dihasilkan dari potongan trailer ‘Messiah’ yang menampilkan sebuah adegan bertuliskan ‘False God’ atau Tuhan palsu di dinding. Tulisan tersebut diyakini sebagai kemunculan dajjal yang mengaku sebagai Tuhan.

Kontroversi mengenai film ini mulai muncul bahkan sebelum series ini dirilis. Dikutip dari News Today, sebanyak lebih dari 4.000 orang menandatangani petisi di Change.org. Mereka menyebut serial ini mengandung propaganda "jahat" dan "anti-Islam".

Jika memang film ini bercerita tentang Dajjal, semoga bisa menjadi pengingat bagi kita untuk mempersiapkan amal-amal terbaik. Sebab kita tidak pernah tahu kapan dajjal akan muncul, yang dapat kita lakukan adalah terus meningkatkan keimanan sebagai bentuk persiapan di akhir zaman.

Last modified on Sabtu, 11 Januari 2020 15:31

Leave a Comment