Dapet Best Director di Oscar, Ini Deretan 5 Karya Bong Joon-ho

Bong Joon-ho Memegang Piala Oscar Bong Joon-ho Memegang Piala Oscar (foto: twitter.com/complex)
Muslimahdaily - Film asal Korea Selatan, Parasite, berhasil memenangkan piala Oscar pada Minggu, (9/2) kemarin sebagai film Internasional terbaik di 92nd Academy Awards. Parasite merupakan film Korea dan berbahasa asing pertama yang menang. 
 
Disutradarai oleh Bong Joon-ho, Parasite adalah film ber-genre komedi-thriller yang bercerita tentang keluarga orang miskin yang kemudian menyusup ke kehidupan orang kaya.
 
Menyinggung perubahan nama kategori - dari film berbahasa asing terbaik ke film internasional terbaik, Bong mengatakan: "Saya memuji dan mendukung arah baru yang dilambangkan oleh perubahan ini," dilansir dari The Guardian, Selasa (11/2).
 
Selain film Parasite, sutradara Bong Joon-ho juga sudah membuat film-film memukau, berikut 5 karyanya, dirangkum dari CNN Indonesia :
 
Memories of Murder (2003)
 
Film ini diadaptasi dari kisah nyata tentang pembunuh berantai yang menggegerkan penduduk Kota Hwaseong, Korea dalam rentang 1980-an. Pelaku merupakan seorang pria berusia 50-an yang mengidap kelainan jiwa.
 
Film itu dibintangi Song Kang-ho, jauh sebelum menjadi supir taksi di A Taxi Driver dan sebagai kepala keluarga miskin dalam Parasite.
 
The Host (2006)
 
Film ini berfokus pada cerita tentang monster asing yang muncul dari Sungai Han di Seoul, Korea Selatan. Monster itu memusnahkan ratusan orang dan juga membawa seorang gadis kecil bernama Hyun-seo. Kisah berlanjut pada upaya penyelamatan si gadis.
 
The Host dibintangi Song Kang-ho, Byun Hee-bong, Park Hae-il, Bae Doona dan Go Ah-sung.
 
Mother (2009)
 
Mengisahkan seorang janda (Kim Hye-ja) yang tinggal bersama putranya yang memiliki kebutuhan khusus (Won Bin) di sebuah kota kecil di Korea Selatan, di mana ia mencari nafkah dengan menjual tanaman obat.
 
Ibu dan anak laki-laki itu kemudian terjerumus ke dalam mimpi buruk ketika menemukan mayat seorang gadis muda yang terbunuh. Bukti tidak langsung menunjukkan keterlibatan sang putra, tapi ia jadi tersangka utama karena kecerobohan polisi saat menyelidiki kasus tersebut. Dikhianati oleh sistem hukum, sang ibu lantas mengambil langkah dengan tangannya sendiri untuk membersihkan nama sang anak.
 
Snowpiercer (2013)
 
Snowpiercer merupakan film bergenre fiksi ilmiah Korea Selatan yang didasarkan pada novel milik Jacques Lob, Benjamin Legrand dan Jean Marc Rochette berjudul 'Le Transperceneige'.
 
Film ini dibintangi Chris Evans, Song Kang Ho, Tilda Swinton, Jamie Bell, Octavia Spencer, Go Ah Sung, John Hurt, dan Ed Harris. Kisahnya terfokus pada upaya merekayasa iklim untuk menghentikan pemanasan global tapi berubah menjadi bencana. 
 
Situasi itu menciptakan zaman es baru dan membuat umat manusia yang tersisa dibawa ke kereta api lintas alam, Snowpiercer yang dijalankan oleh raja transportasi terkemuka Wilford.
 
Okja (2017)
 
Okja merupakan sebuah film aksi-petualangan yang dibintangi oleh pemeran cilik Korea Selatan Ahn Seo-hyun, bersama dengan para pemeran Hollywood Tilda Swinton, Paul Dano, Steven Yeun, Lily Collins, dan Jake Gyllenhaal.
 
Kisahnya bercerita tentang persahabatan seorang gadis muda bernama Mija dengan hewan babi raksasa akibat modifikasi secara genetik bernama Okja.

Leave a Comment