11 Film Perjuangan Islam yang Berkualitas Internasional

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Dunia hiburan tidak bisa dilepaskan dari seni sinematografi atau film-film yang berkualitas. Tentunya, ada banyak tema film yang sukses dirilis di pasaran dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat di seluruh jagat raya. Termasuk film-film yang bertemakan perjuangan dan sejarah Islam. Beberapa film-film yang bernafaskan Islam bahkan ada yang disutradarai oleh non-muslim. Luar biasa, bukan?

Apa saja judul film-film perjuangan Islam yang berkualitas Internasional? Berikut ulasannya:

1. Fetih 1453 (2013)

Dirilis pada 2013 yang lalu, tentu setiap orang Muslim sudah tidak asing lagi dengan nama Fetih atau Sultan Muhammad II Al-Fatih. Film ini mengisahkan kehidupan pemimpin perang asal Turki tersebut yang berhasil menaklukkan daratan Eropa dan Konstantinopel di bawah kekuasaannya. Hanya membawa 150 ribu pasukan yang hebat, Al Fatih berhasil menjadi panglima terhebat sepanjang masa. Film ini disutradarai oleh Faruk Aksoy dari Turki.

2. Children of Heaven (1997)

Mengangkat tema tentang anak-anak korban perang di Iran, Children of Heaven mendapat apresiasi dari masyarakat perfilman secara internasional. Tak bisa dibantah lagi, karya sutradara Majid Majidi ini memang berkualitas.

3. Mariam (2013)

Sukses menyabet piala sebagai film terbaik di ajang Festival Film Internasional ke-4 yang digelar di Maroko, film Mariam (2013) besutan sutradara Basel Al-Khatib. Mengisahkan kehidupan muslimah bernama Mariam dengan segala lika-liku hidupnya karena efek perang Suriah.

4. Hur Adam (2011)

Pada 2011, sutradara berdarah Turki yang bernama Mehmet Tanrisever menciptakan film berjudul Hur Adam. Film ini merupakan biografi Bediuzzaman Said Nursi yang keturunan Turki dan suku Kurdi.

5. The Message (1977)

Mendapat sambutan hangat di negara-negara muslim, film The Message (1977) juga sempat ditayangkan beberapa kali di Indonesia. Film asal Libya ini menceritakan kisah Nabi Muhammad Shalallahu'alaihi wa sallam saat menyebarkan Islam sebagai agama baru di muka bumi.

6. Lion of The Desert (1981)

Kisah heroisme Syekh Omar Mukhtar saat melawan penjajahan Italia di Libya. Menariknya, karena produser film merupakan presiden Libya yang fenomenal, Moammar Khaddafi.

7. The Messenger of Peace

Merupakan film remake dari The Message 1977 yang digarap kembali oleh sutradara terkenal barrie Osborne. Konon, anggaran untuk membuat film ini sebesar 150 juta dollar Amerika dengan kisah penyebaran agama Islam dan kehidupan Rasullullah.

8. Kingdom Of Heaven (2005)

Film Kingdom Of Heaven mengisahkan tentang perang Salib yang terjadi di Yerussalem. Disutradarai oleh non-muslim bernama Ridley Scott.

9. Journey to Mecca (2009)

Digadang-gadang sebagai film pertama dan satu-satunya pada 2009 yang mengangkat tema Islam dalam format IMAX. Journey to Mecca dibuat oleh sutradara Amerika dengan cerita petualangan Ibnu Batutta.

10. Le Grand Voyage (2004)

Judul yang berarti “perjalanan agung” tersebut menjadi salah satu film terbaik sepanjang sejarah perfilman dengan tema Islam. Menceritakan tentang perjalanan ayah dan anak laki-laki menuju Baitullah. Mereka menunaikan ibadah haji dengan mengendarai mobil dan menempuh 5.000 km dari Perancis.

11. A Separation (2011)

Film A Separation berkisah tentang peperangan yang terjadi di negara konflik, Iran. Mujur, film ini berhasil menyabet piala sebagai “film berbahasa asing terbaik” di kancah Academy Award 2012.

Luar biasa, ternyata film-film bernafaskan Islam mendapatkan apresiasi di kalangan pecinta sinema internasional.

Leave a Comment