10 Film Hollywood yang Menjunjung Tinggi Toleransi pada Kaum Muslimin

Ilustrasi Ilustrasi

Sejak lama film-film Hollywood dikenal sebagai film berkualitas yang merajai pasar perfilman di seluruh dunia. Industri perfilman dan hiburan Hollywood dihuni oleh orang-orang yang mumpuni di bidangnya. Termasuk sutradara, aktris dan aktor, produser hingga penulis skenario dan naskah terbaik kelas dunia.

Sayangnya, setelah tragedi 9 September, film Hollywood berisi beberapa adegan yang kerap mendiskreditkan Islam. Peristiwa di mana gedung WTC diserang oleh kelompok militen yang membajak pesawat terbang dan menubruk hingga rata dengan tanah itu membuat nama baik Islam tercemar dengan sekelompok kecil orang yang berpikir radikal.

Namun, dalam beberapa film Hollywood untungnya nama islam masih dijunjung tinggi dan mengedepankan sikap toleransi antar umat beragama.

Berikut adalah beberapa film Hollywood yang menjunjung tinggi toleransi pada kaum Muslim:

1. Kingdom of Heaven

Dari sutradara yang sama pernah menggarap film Gladiator, Ridley Scot kemudian membuat film Kingdom of Heaven yang berkisah tentang perang salib antara negara Kristen dan bangsa Arab.

Meski dibuat dari kalangan non-muslim, namun film ini menariknya mengambil persepsi dari pandangan kaum Muslim yang berperang. Tentara Muslim dikisahkan sangat menghormati etika dalam peperangan dan hak asasi manusia.

Sedangkan, dalam film yang sama, justru dikisahkan tentara yang beragama Kristen membabi buta seperti orang bar-bar yang melakukan penyerangan terhadap kaum wanita, anak-anak dan licik saat bertempur.

2. Ali

Siapa yang tak kenal dengan petinju legendaris, Muhammad Ali. Petinju kulit hitam yang memeluk agama Islam ini dikisahkan perjalanan hidupnya dari muda hingga sukses menggapai posisi sebagai petinju paling berpengaruh di dunia.

Tidak tanggung-tanggung, film Ali diperankan oleh aktor ternama Hollywood, Will Smith. Bahkan, ia mampu menggondol piala bergengsi di ajang Oscar sebagai Aktor Pemeran Utama Terbaik pada 2012.

Melalui film Ali, digosipkan Will Smith juga sangat tertarik untuk mempelajari agama Islam.

3. Malcolm X

Masih bertema tentang Islam radikal yang kerap menyebarkan teror di negara-negara Amerika dan Eropa. Malcolm X hadir sebagai film Hollywood bertema Islam pada 1992.

Malcolm X dikisahkan merupakan sosok yang berpikiran radikal atau garis keras dengan menyebarkan pandangan Islam yang menghalalkan segala cara. Bahkan, kekerasan dan pembunuhan pada orang yang non-muslim. Namun, setelah ia beribadah Haji dan melewati berbagai ujian hidup, Malcolm lantas menyadari bahwa Islam merupakan agama yang humanis dan penuh kedamaian.

Dengan dukungan akting Denzel Washington yang piawai sebagai aktor, film ini sukses menyabet penghargaan di ajang bergengsi New York Critics Circle Award serta menjadi nominasi Oscar 1993 sebagai Aktor Pemeran Utama Terbaik.

4. Robin Hood: Prince of Thieves

Film tentang pencuri legendaris ini sempat naik layar lebar pada 1991. Meski berlatar kisah tentang kerajaan di Eropa, namun ada sosok menarik yang diangkat. Yaitu tokoh Azeem yang diperankan dengan mantap oleh Morgan Freeman.

Dikisahkan Azeem merupakan pendamping Robin Hood dalam membela orang-orang yang lemah. Meskipun berbeda agama, namun keduanya tampak kompak dan saling menghormati satu sama lain. Azeem digambarkan sebagai Muslim yang taat, tidak meminum alkohol dan simpatik.

Kehadiran Azeem yang tak disangka-sangka dalam film Robin Hood sepertinya mengandung pesan moral bahwa film Hollywood juga menjunjung tinggi toleransi agama kepada kaum muslim.

5. American East

Keunikan film bertema Islam lain hadir pada film American East yang dilempar ke industri perfilman pada 2008. Film ini mengisahkan tentang keluarga dari Timur Tengah beragama Muslim yang saling bahu-membahu untuk membuka restoran Timur Tengah tepat di jantung kota Amerika, Los Angeles. Setelah melalui berbagai rintangan dan tekanan dari warga Amerika yang kerap memandang sebelah mata, keluarga ini berhasil membuka restoran Timur Tengah mereka.

Bagaimana, film bertema Islam mana yang akan ditonton akhir pekan ini?

Leave a Comment