Mengenal Jenis - Jenis Emosi Lewat Film Inside Out

By March 25, 2020 0
Film Inside Out Film Inside Out (foto:medium.com)

Muslimahdaily - Film animasi Inside Out sebenarnya sudah tayang sejak tahun 2015 lalu, namun masih sangat menarik untuk ditonton. Melalui film ini kita dapat mengenal macam-macam emosi yang manusia miliki.

Menceritakan seorang anak perempuan berusia 11 tahun bernama Riley. Di dalam pikirannya terdapat beberapa karakter emosi, seperti (Joy) yang mewakili perasaan bahagia, kesedihan (Sadness), takut (Fear), marah (Anger), dan jijik (Disgust).

Setiap perasaan ini akan menciptakan bola kristal berupa memori atau ingatan ang nantinya bola tersebut akan disimpan ke “Headquarters”.

Awalnya kehidupan Riley terasa bahagia. Namun semua berubah saat sang ayah mendapat pekerjaan baru yang mengharuskan mereka pindah ke San Fransisco. Riley sangat sedih karena rumah barunya tak sesuai dengan harapan.

Semua terasa lebih kacau lagi saat sadness sudah menguasai. Sadness menyentuh bola kristal dan merubahnya menjadi kenangan yang menyedihkan, Joy mencoba untuk memperbaiki keadaan agar bola kristal yang sedih tidak sampai ke pusat, sayangnya yang terjadi malah kekacauan.

Bola kristal lainnya berjatuhan menuju Dump Memory, sebuah jurang dan tempat dimana kenangan akan memudar hingga akhirnya terbuang dan terlupakan.

Dalam film ini emosi akan digambarkan dalam lima karakter yaitu Joy, Anger, Disgust, Fear dan Sadness. Setiap emosi memiliki warnanya masing-masing, kuning untuk perasaan bahagia, merah untuk marah, hijau untuk jijik, ungu untuk rasa takut dan biru untuk rasa sedih.

Di awal film, emosi pertama yang akan dimunculkan adalah rasa takut atau Fear, dimana ia akan menghentikan kita saat sedang dalam bahaya, begitupun rasa jijik berperan disaat kita tak suka sesuatu dan mencegah untuk meracuni diri.

Melalui penggambaran animasi yang sederhana, kita dapat dengan mudah memahami bahwa setiap orang itu memiliki perasaan dalam dirinya. Semua itu bisa berubah sesuai dengan situasi dan kondisi.

Dari sini kita juga bisa belajar bahwa setiap orang memiliki memori atau sekumpulan kejadian-kejadian yang mengandung unsur emosi, itulah mengapa mereka masih bisa mengingatnya, karena memang semuanya tersimpan rapih.

Alur cerita menarik serta desain karakter yang lucu, membuat film ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang dan menjadi sarana untuk mengenal macam - macam emosi, agar kita dapat lebih memahami diri sendiri dan orang lain.

Jadi, selamat menonton!

 

Last modified on Wednesday, 25 March 2020 11:55

Leave a comment

© 2019 Muslimahdaily.com All Rights Reserved. Part Of Genmediautama