5 Rekomendasi Film Asia Bertema Islami

film hamid film hamid (foto: theweek.in)

Muslimahdaily - Dunia perfilman kini telah banyak menmbuat film dengan tema islami, mulai dari model dokumenter hingga romansa cinta. Tak hanya di Indonesia, film bertema islami pun telah di produksi luas di berbagai Negara dan banyak mendapat penghargaan.

Jika kamu tertarik untuk menikmatinya di akhir pekan ini, berikut 5 rekomendasi film bertema islami:

1. Latitude 6 (2015)

Disutradarai oleh James Thanadol Nualsuth, film ini menceritakan tentang seorang programmer komputer dari Bangkok yang pergi ke Pattani untuk memasang sistem komputer untuk Bank Islam disana dimana dia akhirnya bertemu dengan seorang guru Muslim bernama Fa dan jatuh cinta.

Dalam film ini akan berfokus mengenai konflik dalam kisah cinta mereka karena adanya pertentangan dari orang tua dan perbedaan agama. Latitude 6 pada akhirnya memberikan hikmah mengenai kehidupan harmonis di antara umat beragama.



2. Banting (2014)

Banting merupakan film asal Malaysia yang dirilis pada 31 Oktober 2014. Ditulis dan disutradarai oleh M. Raihan Halim, film ini menceritakan tentang Yasmin yang merupakan gadis asal Melayu. Ia memiliki cita-cita menjadi pegulat profesional dan kemudian mengikuti kelas gulat. Yasmin pun harus menyembunyikan hal ini dari ibunya yang merupakan muslim yang ketat.



3. Ruk Na, Soup Soup (2020)

Film asal Thailand ini baru saja dirilis pada 30 Juli 2020 kemarin. Film garapan sutradara muslim, Kriengkrai Monwichit ini memiliki genre komedi romantis. Ruk Na, Soup Soup menceritakan tentang bagaimana kehidupan sebagai muslim di Thailand yang terfokus pada tokoh utama bernama Minnie. Bukan hanya sutradaranya yang muslim, aktor yang bermain dalam film ini juga merupakan muslim.



4. Red Flower dan Green Leaves (2019)

Film yang disutradarai Liu Miaomiao dan Hu Weijie ini berhasil mendapatkan penghargaan di ajang Festival Film Internasional Diorama di India. Red Flower dan Green Leaves menceritakan tentang pasangan dari etnis Hui yang merupakan etnis dengan mayoritas muslim.

Mereka baru menikah dan menjalankan kehidupan di salah satu desa di wilayah barat laut China. Mereka sudah mengalami pergulatan hidup sejak kecil yang kemudian membuat mereka terbuka dengan satu sama lain. Lama kelamaan rahasia keluarga masing-masing menjadi terkuak.

5. Hamid (2018)

Film garapan Aijaz Khan pada awalnya dirilis pada 14 Desember 2018 di Smile International Film Festival for Children & Youth. Kemudian pada 15 Maret 2019, film ini baru dirilis secara menyeluruh di bioskop.

Film ini bercerita mengenai seorang anak berumur 7 tahun bernama Hamid yang mencari ayahnya yang sudah hilang setahun lalu. Ia kemudian diberitahu oleh temannya bahwa ayahnya sudah dibawa oleh Allah dan membuat Hamid akhirnya mencoba berbagai cara untuk menghubungi Allah melalui nomor yang di dapatnya.

Nomor tersebut ternyata terhubung ke tentara angkatan darat India. Film ini mendapatkan banyak respon positif dari penonton dan juga berbagai penghargaan seperti Best Feature Film in Urdu pada National Film Award.

5 film ini bisa kalian jadikan tontonan untuk menemani waktu senggang. Selain visualnya yang ciamik, banyak hikmah juga yang bisa sahabat muslimah ambil dari film-film di atas. Semoga bermanfaat, ya!

 

 

Leave a Comment