"You Will Die At Twenty" Menjadi Film Sudan Pertama yang Masuk Nominasi Oscar 2021

poster you will die at twenty poster you will die at twenty (foto: instagram.com/youwilldieat20)

Muslimahdaily - Untuk pertama kalinya, negara Sudan dengan filmnya yang berjudul You Will Die at Twenty diajukan untuk menjadi nominasi Academy Awards.

“Kami sangat bangga mengumumkan bahwa Sudan telah memasuki perlombaan Academy Awards untuk pertama kalinya dengan pemilihan 'You Will Die at 20' film karya Amjad Abu Alala sebagai Internasional Feauture Film Terbaik pertama untuk Academy Awards 2021,” begitu kata akun Instagram resmi film tersebut.

Bagi Sudan, momen ini merupakan suatu cara untuk mengenalkan perfilman lokalnya untuk dinikmati penonton dalam maupun luar negeri.

Melansir Arabnews, film You Will Die at Twenty telah ditayangkan perdana di Festival Film Venice 2019 dan memenangkan Penghargaan The Lion of The Future Award. Film ini juga telah diputar di Festival Film El-Gouna dan meraih Bintang Emas untuk fitur naratif terbaik.

Melansir Haluan, tokoh utama film You Will Die at Twenty diperankan oleh Mustafa Shehata. Film ini bermula dari kisah ibu pemeran utama yang bernama Sakina pergi ke pemuka agama untuk meminta berkah. Alih-alih meminta berkah, Muzammil, sang anak malah terkena kutukan, ia diprediksi akan meninggal pada umur 20 tahun. Akhirnya Sakina bersifat overprotektif selama merawat Muzammil hingga dewasa. Akibatnya, Muzammil tumbuh dengan penuh rasa takut.

Sutradara film ini, Amjad Abu Alala juga turut mendeskripsikan tentang masyarakat Sudan yang kekurangan agensi. Film ini juga mendapatkan pujian karena keberhasilannya dalam menampilkan lanskap sureal desa terpencil Sudan. Kritikus dari Variety, Jay Weissberg memuji film ini karena tata cahayanya dan permainan warnanya. Film ini merupakan benih industri perfilman Sudan dan juga sebagai simbol melawan kepasrahan.

 

Leave a Comment