5 Film yang Cocok Ditonton untuk Memperingati Hari Guru

Film Sang Pencerah dan Sokola Rimba Film Sang Pencerah dan Sokola Rimba

Muslimahdaily - Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Menjadi guru adalah profesi yang sangat mulia dan inspiratif. Tidak jarang kisah inspiratif seorang guru diangkat ke layar kaca, bahkan layar lebar.

Oleh karena itu, masih memperingati Hari Guru, berikut ini Muslimahdaily bawakan 5 film bertema guru yang bisa mengisi waktu luangmu. Apa saja filmnya? Yuk simak!

1. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi merupakan film yang diadaptasi dari novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Film ini berkisah mengenai 10 murid dan dua guru menginspirasi di tengah kemiskinan dan harapan untuk masa depan di tempat tinggal mereka, Desa Gantong, Belitung.

Selain semangat dari 10 muridnya, Laskar Pelangi juga menyajikan gigihnya dua guru yang sangat inspiratif, Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranegara). Bersama murid-muridnya, Bu Mus dan Harfan berusaha agar sekolah mereka tidak ditutup. Tak disangka, Harunlah yang menjadi penyelamat, dan menjadi murid ke-10.

Laskar Pelangi diselimuti kisah menyedihkan ketika para murid harus kehilangan sosok penyelamat mereka, yakni Pak Harfan yang tiba-tiba meninggal dunia.

2. Sang Pencerah (2010)

Melihat adanya kesenjangan antara kaum elit dan pribumi, membuat Ahmad Dahlan yang diperankan oleh Lukman Sardi kekeh untuk mendirikan sekolahnya sendiri. Sang Pencerah menceritakan perjuangan Ahmad Dahlan dalam mendirikan Muhammadiyyah, dimulai dengan menjadi guru.

3. Sokola Rimba (2013)

Rekomendasi film ke-3 untuk ditonton di Hari Guru Sedunia adalah film Indonesia berjudul Sokola Rimba. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang guru bernama Butet Manurung yang mengajar Suku Anak Dalam atau dikenal juga dengan sebutan Orang Rimba di Pulau Sumatera.

Film ini menceritakan bagaimana Butet Manurung yang diperangkan Prisia Nasution berjuang untuk mengajar di pedalaman Indonesia, di mana terdapat banyak konflik yang harus dihadapi. Seperti orangtua yang menganggap kerja lebih penting daripada belajar di sekolah, kurangnya minat belajar anak-anak, dan fasilitas yang minim.

5. Silenced (2011)

Bagi kamu penggemar hal-hal berbau Korea, maka film asal negeri gingseng yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan film yang kamu tonton di Hari Guru. Diperankan oleh aktor tampan Gong Yo, seorang guru bernama Kang In Ho, ditugaskan untuk mengajar di sekolah khusus penderita tuna netra. 

In Ho begitu bersemangat untuk mengajar, namun murid-muridnya justru menjahi. Tak disangka, ternyata ada rahasia besar di balik sikap murid-murid guru Kang In Ho melakukan hal itu. Di sinilah guru bernama Kang In Ho ini menunjukkan perhatian hingga muridnya mau terbuka padanya dan membongkar rahasia yang selama ini tersimpan rapat itu.

Kisah guru inspiratif di film ini menunjukkan bahwa tugas guru bukan hanya mengajar mata pelajaran saja. Lebih dari itu, guru harus memiliki keterikatan dengan murid-muridnya bahkan hingga memahami permasalahan mereka.

4. The Teacher’s Diary (2014)

Film Thailand tahun 2014 ini bergenre komedi romantis. Mengisahkan Ann dan Song, yakni seorang guru di daerah terpencil. Keduanya tak datang bersamaan tapi bergantian, Ann datang ke sekolah tahun 2011 dan kemudian pergi setelah setahun karena akan menikah, sementara Song datang tahun 2012 tapi pergi dengan alasan ingin sekolah lagi. Kemudian Ann kembali lagi pada tahun 2013 karena patah hati.

Kisah unik mereka dilatarbelakangi dunia pendidikan di tempat yang terpencil dan harus berkompromi dengan keadaan yang serba terbatas. Kecintaan mereka pada dunia pendidikan dan anak-anak membuat mereka bisa bertemu untuk pertama kalinya setelah hampir 2 tahun hanya bisa bermimpi dan membayangkan untuk melihat satu sama lain secara langsung.

Leave a Comment