5 Dialog Film yang Memotivasi untuk Mencintai Diri Sendiri

Ilustrasi Ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah apakah akhir-akhir ini sering merasa bimbang dan bersusah hati? Mulai meragukan kemampuan diri sendiri lantaran sudah berkali-kali gagal? Jangan khawatir, ya! Ada kalanya kita memang merasakan hal tersebut. Namun yang paling penting adalah kembali menumbuhkan rasa percaya dan mencintai diri sendiri. Pasalnya, pada akhirnya hanya kepada Tuhan dan diri sendirilah kita akan mengandalkan segala urusan. 

Sekarang yang bisa kamu lakukan adalah memotivasi diri sendiri dengan hal-hal yang kalian anggap menarik, contohnya menonton film dengan alur cerita yang sama dengan kondisi kalian saat ini.

Untuk membantu meningkatkan rasa cinta pada diri sendiri, Muslimahdaily punya 10 dialog film yang dapat memotivasi kalian. Simak yuk rangkumannya yang dilansir dari Candy Magazine di bawah ini.

1. Saat merasa dunia adalah beban (Dialog dari film 17 Again)

Saat seseorang meninggalkan kalian di waktu yang tidak tepat dan membuat kalian merasa tidak berguna sehingga menjadikan hidup sebagai sebuah beban, dialog ini dari film 17 Again mungkin bisa sedikit memercikkan api semangat. Setidaknya kalian mampu menikmati proses kehidupan yang tidak selamanya berjalan layaknya kemauan.

"Saat masih muda, kamu pasti merasa semuanya seperti akhir dari kehidupanmu, padahal itu tidak benar. Ketika kamu merasakan hal itu, berarti hidupmu baru saja dimulai, kamu akan bertemu dengan lebih banyak orang-orang yang menjengkelkan, namun, semua momen itu berharga hingga akhirnya kamu akan menemukan seseorang yang menjagamu dan menghormatimu sebagaimana seharusnya kamu diperlakukan—seperti seolah-olah matahari terbit dan terbenam bersamamu (dunia ada di tanganmu)."

-Mike O'Donnell

2. Saat merasa tidak berguna (Dialog dari film The Beaver)

Dialog ini seperti mengingatkan Sahabat Muslimah saat merasa tidak mampu melakukan apa-apa, ingatlah bahwa banyak orang di luar sana yang berpikir bahwa kamu adalah makhluk yang sempurna. Jangan memikirkan sesuatu hanya dari sudut pandang kalian, ingat bahwa selama kalian hidup, kalian tidak akan pernah sendiri. Banyak orang baik yang akan menolong kita, maka carilah orang itu atau jadilah salah satunya.

"Kau pikir yang kau lihat adalah sebuah kerusakan ketika aku melihatnya sebagai sebuah kesempurnaan, dan ini semua berhenti ketika aku pikir kamu begitu sempurna dan kamu malah menjelekkan dirimu sendiri."

-Norah

3. Saat merasa banyak melakukan kesalahan (Dialog dari film 13 Going On 30)

Kali ini, dialognya akan menyadarkan Sahabat Muslimah bahwa kesalahan bukanlah hal yang buruk, justru dengan kesalahan itu, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi karena telah banyak belajar dari sebuah kesalahan yang dibuat.

"Aku tahu bahwa aku banyak melakukan kesalahan, tapi tak sepatutnya aku benci dengan hal itu. Justru, dengan kesalahan yang kuperbuat, aku akan banyak belajar untuk membuat hal-hal yang salah kembali menjadi benar."

-Beverly Rink 

4. Saat merasa banyak kekurangan dalam diri (Dialog dari film A Cinderella Story)

Dialog ini akan membantu Sahabat Muslimah saat kalian merasa diri sendiri tidaklah cukup karena banyak kekurangan, dan hal ini membuat kalian tertekan seolah-olah dunia hanya mempermainkanmu. Kalian harus percaya terhadap kemampuan diri sendiri, dan berpikir bahwa cara memuaskan banyak orang hanya akan melelahkan dirimu sendiri.

"Aku tidak peduli apa yang orang-orang pikirkan tentangku, karena aku percaya pada diriku sendiri dan aku tahu bahwa semua hal yang terjadi akan baik-baik saja".

-Sam

5. Saat merasa tertekan dengan perkataan orang tua (Dialog dari film 50-50)

Pernah enggak kalian terlibat perdebatan dengan orang tua? Dan hal itu membuat kalian merasa tertekan seolah-olah tidak pernah dianggap baik oleh keduanya. Dialog ini akan membantu kalian, Sahabat Muslimah, untuk lebih berpikir mengenai cara yang tepat saat berkomunikasi dengan orang tua, pikirkan kembali apa yang salah sebelum memutuskan untuk membenci pernyataan mereka.

Dan yang paling penting, jadilah air yang meredam api.

"Kamu tidak bisa mengubah sikap orang tuamu, yang bisa kau ubah adalah cara yang kamu pilih untuk menangani sikap mereka."

-Katherine

Nah, mencintai diri sendiri penting karena tidak akan ada yang memahami kita kecuali diri kita sendiri. Jadi, agar kita merasa nyaman dengan lingkungan tempat kita berinteraksi, yuk fokuskan pikiran untuk dirimu sendiri melalui dialog-dialog di atas dan renungkan kembali isinya, semoga bermanfaat ya! Love yourself, first!

Leave a Comment