4 Rekomendasi Film Islami di Netflix yang Wajib Kamu Tonton

ilustrasi ilustrasi

Muslimahdaily - Sahabat Muslimah, saat ini film Indonesia mulai terus berkembang semakin baik seiring dengan bertambahnya penikmat film Indonesia. Terdapat berbagai macam kategori dan genre film yang ada di Indonesia, namun genre yang paling banyak diminati dan terkenal adalah horror ataupun asmara kisah remaja.

Padahal ada banyak film Indonesia dengan genre Islami atau religi yang tentunya juga tak kalah bagus. Film dengan genre Islami kerap memberikan sebuah pesan moral dan juga pengetahuan tentang agama yang mungkin belum diketahui para penonton.

Biasanya orang-orang akan disuguhkan film bernuansa Islam pada saat menjelang bulan Ramadhan atau Idul Fitri. Tapi, tenang saja karena kamu tetap bisa menonton film-film Islami melalui platform video on demand seperti Netflix.

Sebelum menonton, tentu kamu harus tahu terlebih dahulu film Islami apa saja yang menarik seperti rekomendasi dari Muslimahdaily berikut ini.

1. Jilbab Traveller: Love Sparks in Korea (2016)

Bagi kamu yang belum sempat menonton film Islami Indonesia tahun 2016, sekarang film tersebut sudah terdapat di Netflix. Salah satunya adalah film “Jilbab Traveller: Love Sparks in Korea.”

Diangkat dari novel karya Asma Nadia, film ini berkisah tentang Rania (Bunga Citra Lestari), seorang penulis muda berhijab yang juga seorang traveller. Suatu hari, ayahnya yang sakit menyuruhnya untuk pergi ke Baluran. Di sana, Rania bertemu fotografer Korea Selatan, Hyun Geun (Morgan Oey), yang membuatnya “jatuh hati”. Namun, pada saat itu juga, ayahnya berpulang. Dia pun enggan travelling lagi.

Kesedihan Rania pun mendorong saudara-saudaranya untuk menjodohkan Rania dengan seorang pria yang sangat baik bernama Ilhan (Giring Ganesha).

Daripada penasaran, mending kamu langsung tonton untuk mengikuti keseruan jalan cerita ketika Rania harus memilih, ya!

2. Layla M. (2016)

Biasanya, generasi tua imigran lebih susah beradaptasi sama lingkungan negara tempat mereka tinggal. Namun, dalam “Layla M.”, yang terjadi adalah sebaliknya. Dibesarkan di tengah keluarga muslim Amsterdam yang berpandangan terbuka dan mau membaur, Layla justru merasa bahwa Amsterdam enggak menerimanya sebagai muslimah.

Dia ikut melakukan protes atas larangan cadar, bahkan ikut kamp jihad di Belgia untuk kemudian ke Timur Tengah. Pada saat itu, dia menyadari bahwa itu bukanlah yang dia inginkan.

3. Ali's Wedding (2017)

Bercerita tentang komunitas muslim di Australia, “Ali's Wedding” adalah film biopik tentang pemuda bernama Ali. Dia merupakan anak imam, berbohong kepada jamaah di masjidnya dan kepada orang-orang di lingkungannya bahwa dia diterima di kedokteran, hanya supaya bisa membuat bangga ayahnya.

Di film ini kamu juga bisa melihat jalan cerita tentang cinta, kejujuran, integritas, dan bagaimana kamu berani bisa menjadi diri sendiri. Cocok banget untuk ditonton anak muda yang sedang berambisi dalam mengejar pengakuan.

4. The Mosque Next Door (2017)

Serial dokumenter ini juga layak banget kamu tonton, karena bisa menghangatkan hati, lho. Di film “The Mosque Next Door” kamu bisa melihat Islam secara lebih dekat.

Film ini bercerita tentang salah satu komunitas muslim di Australia. Mereka yang tergabung dalam Holland Park Mosque di Brisbane ini berasal dari negara-negara dan latar belakang yang berbeda. Namun, mereka disatukan sama rasa kemanusiaan dan juga ukhuwah islamiyah.

Sahabat Muslimah bisa melihat kisah imam yang sangat bijak dalam menyelesaikan berbagai masalah. Ada juga pengusaha yang didesak ibunya untuk menikah karena sudah berkepala tiga, pengacara untuk hak asasi wanita, hingga mantan narapidana yang menjadi mualaf.

Film dokumenter ini menggambarkan bahwa sebenarnya Islam sangat lembut dan memiliki solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah selama dilakukan dengan benar. Islam juga mengajarkan toleransi tinggi, bahkan kepada orang yang bukan beragama Islam.